Sukses

Geliat Esports di Kampus Merintis Lewat Unit Kegiatan Mahasiswa

Kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kini memiliki Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) ESports.

Liputan6.com, Yogyakarta Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memiliki Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) baru yaitu UKM ESports. Kepala Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA) UMY Oki Wijaya, mengatakan pihaknya meresmikan UKM ESport untuk merespon perkembangan zaman dan teknologi. 

"Esports di dunia internasional saat ini telah memiliki kompetisi baik di tingkat nasional maupun internasional yang telah diakui. Di tingkat nasional kompetisi E-Sport diakui oleh Kemendikbud sedangkan tingkat internasional mereka punya komunitas yang sudah ada olimpiadenya, jadi kita mau tidak mau harus merespon perkembangan zaman yang ada," katanya di Ruang Sidang Gedung AR Fachrudin B Lantai 5 pada Senin, 3 Oktober 2022.

Menurutnya, untuk proses membuat UKM ESport di UMY cukup panjang karena terdapat beberapa syarat yang belum terpenuhi. Sejak tahun lalu proses pendirian sudah berjalan melalui Badan Eksekutif Mahasiswa UMY. 

"Namun karena beberapa hal yang belum memenuhi syarat seperti struktural yang belum rapi dan sumber daya manusia yang masih tumpang tindih dengan unit kegiatan mahasiswa lain, maka kami tunda terlebih dahulu sampai teman-teman di ESport sudah benar-benar siap," dia menambahkan.

Setelah satu tahun berjalan akhirnya struktural, sumber daya manusia, dan kegiatan-kegiatan mahasiswa dalam masa kurun waktu tersebut sudah tertata dengan baik. Khusus fasilitas dan kelengkapan lainnya, pihak LPKA sedang menyiapkan tempat sekretariat untuk tim E-Sport di area Student Center UMY. 

Selain UKM ESport sebagai unit kegiatan mahasiswa baru, UMY juga melantik dua lembaga mahasiswa yaitu Badan Eksekutif Mahasiswa dan Dewan Perwakilan Mahasiswa serta pengukuhan 23 unit kegiatan mahasiswa.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.