Sukses

Produk UKM Sale Pisang Garut Sukses Tembus ke Kampungnya Siti Nurhaliza

Liputan6.com, Garut - Selain jaket kulitnya yang dikenal luas di tanah air, produk Usaha Kecil Mikro (UKM) sale pisang Garut, Jawa Barat, berhasil menembus pasar domestik kampung penyanyi lawas Malaysia, Siti Nurhaliza.

“Bagaimanapun ini adalah usaha yang luar biasa patut kita apresiasi dan kita kembangkan terus untuk usaha-usaha lain,” ujar Bupati Garut Rudy Gunawan, usai melepas secara resmi ekspor perdana itu.

Menurutnya, kesuksesan usaha sale pisang menembus pasar Malaysia, diharapkan menjadi pelecut kelompok usaha lain di Garut, untuk melakukan hal serupa dalam meningkatkan kesejahteraan warga.

“Tentu ekspor ini akan kita lakukan dengan satu perencanaan yang baik,” ujar dia bangga.

Saat ini, peluang pangsa pasar ekspor terbuka lebar, namun persaingan antar pengrajin dalam negeri juga tak kalah sengit, sehingga dipacu menghasilkan produk berkualitas.

“Tinggal dianalisis apakah mempunyai keuntungan besar, apakah bisa bertahan atau tidak,” kata dia.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi, dan Sumber Daya Mineral (Diperindag ESDM) Garut, Nia Gania Karyana, menambahkan, selain sale pisang  beberapa produk UKM siap menyusul untuk ekspor.

“Sebetulnya dari sisi kemasan produk itu kan, beberapa produk sudah masuk ke Indomarco, itu bukti bahwa produk Garut itu sudah diperhitungkan,” kata dia.

Selain kemasan yang menarik, lembaganya terus memberikan pembinaan mengenai penguatan kualitas produk yang dihasilkan agar lebih tahan lama.

“Nanti ada pembinaan sumber daya yang kita harapkan karena keterbatasan anggaran ya,” kata dia.

Direktur PT. Lestari International Group selaku pihak eksportir, Kurniawan Seviyana, menyatakan untuk ekspor perdana ini perusahaannya bakal mengirimkan 2.600 bal sale pisang dengan nilai order hingga Rp 1,7 miliar.

“Insya Allah nanti hari Rabu kita dimulai ekspor perdana dari Garut, ini kita rencana kontinyu,” ujar dia.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Sertifikasi Halal

Selain kemasan yang menarik dan produk yang tahan lama, beberapa syarat yang harus dilengkapi para UKM yakni sertifikasi halal dan Izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT).

“Jadi tinggal kemampuan di pihak UKM sini mampu gak untuk memenuhi orderan tersebut gitu,” ujarnya.

Kustiawan Rasyid, pelaku usaha IKM sale pisang Mubarok, atau yang bisa dipanggil Agus sale, mengatakan, untuk memenuhi permintaan pasar negeri jiran Malaysia, lembaganya bakal mengajak para IKM lain bergabung.

Saat ini produk sale pisang yang dihasilkan berkisar di angka 150 bal per hari. “Alhamdulilah bisa memajukkan banyak IKM-IKM di sini. (Karena) saya juga ngga bisa sendiri, dengan sejumlah banyak segitu,” kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.