Sukses

Berbeda dan Tidak Biasa, Ini 7 Keunikan Manado yang Perlu Kamu Tahu

Berikut beberapa keunikan Manado

Liputan6.com, Manado - Kota Manado terletak di provinsi Sulawesi Utara yang terkenal dengan keindahan alamnya. Tak hanya itu, letaknya yang dekat dengan Filipina dan Samudera Pasifik, membuat kota ini memiliki daya tarik kuliner yang juga beragam.

Berikut beberapa keunikan Manado:

1. Bahasa Daerah

Indonesia terkenal akan keanekaragaman budayanya yang ada di setiap daerah.Sebagai salah satu kota di Sulawesi Utara, Manado memiliki kekhasan pada bahasanya.

Bahasa Manado memiliki kata serapan dari Bahasa Portugis. Pada zaman dahulu, orang Portugis berada di Tondano untuk menjajah daerah tersebut dan mendapat penerimaan budaya dari masyarakat.

Bahasa Manado juga memiliki kemiripan dengan bahasa Maluku maupun daerah lain yang ada di bagian timur Indonesia.

2. Semboyan Daerah

'Sitou Timou Tumou Tou' yang berarti 'orang hidup untuk menghidupi orang lain' merupakan falsafah atau pandangan yang menjadi prinsip hidup suku Minahasa. Selain itu, slogan 'Torang Samua Basudara' yang berarti sama seperti 'Bhinneka Tunggal Ika' juga merupakan semboyan yang kental dengan Manado.

Hal itu menjadi salah satu alasan masyarakat Kota Manado yang memiliki kepedulian dan keramahan antarsesama.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Makanan Ekstrem

3. Makanan ekstrem

Makanan khas Manado terkenal dengan pedasnya dan variasi yang unik sekaligus ekstrem untuk dicoba. Seperti halnya paniki, makanan ini berasal dari kelelawar yang dibakar atau digoreng.

4. Panorama bawah laut yang indah

Pulau Bunaken yang terletak di Teluk Manado ini menjadi salah satu primadona yang dimiliki Indonesia. Banyak wisatawan yang berkunjung ke pulau ini untuk menikmati keindahan dan keanekaragaman biota laut yang indah.

Jika berkunjung ke pulau ini, pengunjung harus menyeberang terlebih dahulu dengan kapal. Saat berada di dalam kapal, pengunjung dapat menikmati keindahan bawah laut melalui kaca transparan.

5. Angkutan kota yang trendi

Angkutan kota di setiap negara pasti memiliki ciri khas masing-masing. Di Indonesia, angkutan kota yang paling banyak dijumpai adalah mikrolet.

Di Manado, mikrolet memiliki perbedaan tersendiri dibandingkan daerah lain di Indonesia. Posisi tempat duduk yang ada di dalam mikrolet memiliki beberapa baris, layaknya mobil pribadi.

Hal lain yang patut dilihat adalah suasana mikrolet yang terlihat sangat trendi atau bergaya. Para sopir biasanya memutar musik dan menambahkan ornamen lampu hias untuk menambah kesan trendi.

Musik yang diputar pun bermacam-macam, mulai dari lagu daerah hingga mancanegara.

 

3 dari 3 halaman

Kota Toleran

6. Kota toleran kedua setelah Singkawang

Manado kembali dinobatkan sebagai salah satu kota paling toleran di Indonesia pada 2021. Kota Manado berada di peringkat kedua Indeks Kota Toleran (IKT) di Indonesia dengan total nilai 6.400, menempati posisi kedua setelah Kota Singkawang.

7. Kota seribu gereja

Kota Manado terkenal memiliki banyak gedung gereja yang tersebar hampir di seluruh sudut kota. Bahkan, setiap gereja yang ada di Kota Manado juga memiliki ciri khas bangunannya masing-masing.

Umat Kristiani yang sedang berkunjung atau tinggal di Manado tentu akan dengan mudah menemukan gereja. Maka dari itu, Kota Manado dikenal dengan julukan ‘Kota Seribu Gereja’.

Meski gereja menjadi rumah ibadah mayoritas, rumah-rumah ibadah agama lain seperti masjid, vihara, dan kelenteng juga banyak berdiri di kota ini. Sesuai dengan fakta sebelumnya, penduduk kota ini memang terkenal sangat toleran satu sama lain.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.