Sukses

Mensos Minta Daerah Berisiko Bencana Tinggi Siapkan Lumbung Logistik Darurat

Liputan6.com, Sigi - Menteri Sosial, Tri Rismaharini meminta Pemkab Sigi menyiapkan lumbung logistik yang bisa dimanfaatkan warga mengakses pangan saat bencana terjadi. Hal serupa juga diminta dilakukan di semua daerah di Indonesia dengan risiko bencana tinggi.

Hal tersebut disampaikan Risma saat mengunjungi Kabupaten Sigi, meninjau penanganan pascabanjir di Desa Pakuli Utara, Rabu (7/9/2022).

Karakteristik alam Kabupaten Sigi yang punya banyak sungai serta permukiman berdekatan dengan pegunungan yang berisiko tinggi bencana disebut membuat lumbung logistik mendesak untuk segera dibuat.

Pemda dan pihak terkait lainnya harus melakukan kajian lebih dulu untuk menentukan lokasi lumbung agar mudah diakses warga saat bencana terjadi.

"Karakteristik daerah ini harus dipelajari bersama, kita semua harus bersiap dengan potensi bencana. Jika terjadi bencana warga bisa bertahan dengan adanya lumbung itu," Risma mengatakan di Sigi, Rabu (7/9/2022).

Tidak hanya untuk Kabupaten Sigi, Mantan Wali Kota Surabaya itu mendorong hal serupa dilakukan di semua daerah di Indonesia, terutama yang punya risiko bencana tinggi.

Saat berkunjung ke Sulawesi Tengah sendiri, Risma mendatangi 2 lokasi pengungsian korban banjir, yakni di Desa Pakuli Utara, Kabupaten Sigi dan Kota Palu untuk melihat penanganan terhadap pengungsi.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.