Sukses

Film 'Mencuri Raden Saleh' Mengusung Genre Heist, Apa Itu Genre Heist?

Film 'Mencuri Raden Saleh' disebut menjadi film pertama yang mengusung genre ini

Liputan6.com, Yogyakarta - Mencuri Raden Saleh merupakan film garapan Angga Dwimas Sasongko yang ditulis oleh Husein M Atmodjo. Film ini merupakan film Indonesia pertama yang mengusung genre 'heist'.

Heist merupakan genre perampokan yang menjadi salah satu jenis dari genre film kejahatan. Film bergenre heist umumnya menampilkan keterampilan, kecerdikan, serta keberanian para penjahat atau perampok yang terampil dalam melakukan aksi jahatnya.

Salah satu film dengan genre heist pertama adalah film The Asphalt Jungle (1950). Film tersebut menampilkan sosok perampok yang gagal.

Kegagalannya tersebut menyebabkan kegagalan ke seluruhan rangkaian perampokan lainnya. Film serupa yang menggunakan rumus ini adalah Armored Car Robbery (1950), The Killing (1956), dan The Getaway (1972).

Pada 1990-an, film genre ini lebih fokus pada hubungan antarkarakter daripada kejahatan itu sendiri. Sementara itu, serial lain yang cukup populer dengan genre ini adalah original series dari Nelflix, yakni Money Heist.

Di Indonesia sendiri, genre ini masih jarang ditemui. Oleh karena itu, film 'Mencuri Raden Saleh' disebut menjadi film pertama yang mengusung genre ini.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pencurian Lukisan

Film ini menceritakan tentang sekelompok anak muda yang berniat mencuri sebuah lukisan bersejarah di Istana Presiden. Misi perampokan tersebut menyasar ke sebuah karya lukis goresan Raden Saleh bertajuk “Penangkapan Pangeran Diponegoro".

Sejumlah aktor dan aktris muda memainkan peran yang cukup apik dalam film tersebut. Sebut saja Piko sebagai The Forger yang diperankan oleh Iqbaal Ramadhan, Angga Yunanda sebagai Ucup (The Hacker), Rachel Amanda sebagai Fella (The Negotiator).

Selain itu, ada Aghniny Haque sebagai Sarah (The Brute), Umay Shahab sebagai Gofar (The Handyman), dan Ari Ilham sebagai Tuktuk yang berperan sebagai The Driver. Jajaran artis senior juga turut serta dalam film ini, seperti Tio Pakusadewo sebagai Permadi, Andrea Dian sebagai Detektif Sita, Ganindra Bimo sebagai Detektif Arman, Atiqah Hasiholan sebagai Dini, dan Dwi Sasono sebagai Budiman.

Mereka semua telah menyusun rencana untuk mencuri lukisan bersejarah buatan Raden Saleh yang telah tersimpan secara aman di Istana Presiden. Aksi pencurian yang dilakukan oleh kelompok tersebut tentu tidak akan berjalan mudah.

Terlebih, lukisan megah tersebut disimpan di Istana Presiden yang tentunya memiliki sistem keamanan super ketat. Film ini dijadwalkan tayang perdana pada 25 Agustus 2022.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.