Sukses

Upacara Bendera hingga Fesyen Show di Sungai Deli Medan Meriahkan HUT ke-77 RI

Liputan6.com, Medan Upacara bendera hingga berbagai perlombaan berlangsung di Sungai Deli, tepatnya di Kampung Aur, Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Sejak Rabu (17/8/2022) pagi, warga Kampung Aur mulai berkumpul di Sungai Deli untuk melaksanakan upacara bendera di dalam aliran sungai. Upacara berlangsung khidmat dan diikuti puluhan warga mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Setelah itu, dilanjutkan dengan berbagai perlombaan seperti panjat pinang hingga fesyen show. Untuk perlombaan fesyen show pesertanya didominasi oleh ibu-ibu. Mereka tampak berlenggak lenggok bak model di panggung yang berada tepat di atas Sungai Deli.

Tak hanya itu, para peserta juga terlihat mengenakan pakaian unik, seperti mengenakan kebaya, baju daun, hingga pakaian siswa SD. Dengan rasa percaya diri, mereka melenggak-lenggok di atas panggung yang di bawahnya mengalir air Sungai Deli.

"Habis upacara bendera, kita mengadakan lomba fesyen show. Selebihnya kita adakan perlombaan lain, yaitu panjat pinang di sungai," kata Ketua Umum Sanggar Perkasa, Majid, yang juga penggagas kegiatan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Alasan Digelar di Sungai Deli

Diterangkan Majid, saat upacara bendera di dalam Sungai Deli berlangsung, puluhan warga yang mengikuti mulai dari anak-anak hingga orang dewasa berlangsung dengan khidmat. Mereka mengikuti seluruh rangkaian upacara.

"Kita buat upacara bendera di sungai melibatkan seluruh elemen di sini, bahwasanya kita peduli dengan Sungai Deli. Karena Sungai Deli masih layak jadi ikon Kota Medan, terutama kami yang berada di kota ini," sebut Majid.

Kepada Pemerintah Kota (Pemko) Medan, Majid berharap untuk memperhatikan mereka. Salah satu harapan mereka juga, yaitu menindak perusahaan-perusahaan yang berada di hulu Sungai Deli agar tidak membuang limbah.

"Tolong di sana jangan membuang limbah lagi ke dalam Sungai Deli ini," pintanya.

3 dari 4 halaman

Gelar Lomba Hias Armada Mobil Damkar

Di tempat terpisah, dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Dinas Pencegah dan Pemadam Kebakaran (P2K) Kota Medan menggelar lomba menghias armada mobil Damkar.

Lomba yang diikuti 5 UPT Dinas P2K ini begitu semarak karena masing-masing armada mobil pemadam di hias dengan sangat kreatif dan unik.

Selain menghiasi armada mobil pemadam, para peserta juga melakukan pawai dengan mengelilingi jalanan Kota Medan mulai dari Jalan Pengadilan, tepatnya di depan Makodim 0201/Medan dan berakhir di Mako Dinas P2K, Jalan Candi Borobudur.

Kelima armada pemadam yang di hias ini sebelum mengikuti lomba juga diturunkan di titik-titik yang telah ditentukan untuk menghidupkan sirine detik-detik proklamasi HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

"Tujuannya selain sebagai rangkaian menyemarakkan hari kemerdekaan juga untuk lebih memupuk rasa kebersamaan dan team work dalam melaksanakan tugas sebagai petugas pencegah dan pemadam kebakaran," jelas Kadis P2K Albon Sidauruk.

Di tahun ini lomba hias armada mobil Damkar kita hadirkan juri untuk menilai dari luar Dinas P2K agar penilaian lebih fair dan berkualitas. Diantaranya kita hadirkan dari Kodim 0201/Medan, Dinas Kominfo dan Dinas Pendidikan Kota Medan.

4 dari 4 halaman

Keunikan dan Kreativitas

Melihat keunikan dan kreativitas dari hiasan di armada mobil Damkar, Albon Sidauruk, menilai ini sangat bagus. Artinya meskipun seluruh personel Dinas P2K, khususnya yang bertugas di mobil Damkar laki-laki semua, namun kreativitas dan inovasi mereka dalam menghias mobil sangat bagus.

"Kita harapkan di tahun depan akan lebih semarak dan meriah sebab, direncanakan akan bertambah jumlah UPT Dinas P2K di tahun depan," tandasnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS