Sukses

Anak Suku Laut-Kemensos Merajut Kegembiraan

Anak-anak suku laut sangat bersemangat mengikuti acara yang diselenggarakan Kemensos

Liputan6.com, Batam Acara puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2022, menjadi momen Kementerian Sosial RI memberikan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) untuk 220 anak dengan total bantuan sebesar Rp.319.455.700,-.

Bantuan sosial yang didistribusikan tersebut dengan rincian STPL terdiri dari 151 anak berjumlah Rp152.181.000 dan Sentra Abiseka terdiri dari 169 anak berjumlah Rp167.274.700 diperuntukan bagi masyarakat di pulau Bertam, pulau Lingke dan pulau Gara, Kel. Kasu, Kec. Belakang Padang, Kota Batam. 

Menteri Sosial Tri Rismaharini sempat Kegiatan menyapa secara langsung anak-anak yang mengikuti acara puncak HAN 2022 dari Kecamatan Selong, Kabupaten Lombok Timur,  NTB, dan seluruh anak-anak yang mengikuti acara termasuk anak suku laut yang ada di pulau Bertam, Gara Lingke di Batam . 

"Mulai sekarang anak-anakku harus berani, jangan minder," kata Menteri Sosial Risma.

Risma mengingatkan dikalangan anak sekolah tak ada lagi bullying di sekolah. Ia berharap anak pulau terpencil menjadi anak yang hebat. 

Sementara itu Plh. Kepala Dinas Sosial Kota Batam Leo Putra mengatakan program Kementrian Sosial terhadap Anak Suku laut harus didukung. 

"Pemberian sarana transportasi 1 sekolah, bagi anak - anak suku laut , sebagai bentuk perhatian pemerintah pusat terhadap generasi Anak Suku laut yang ada di Perbatasan," katanya.

Bantuan itu diberikan berdasarkan hasil asesmen yang dilakukan oleh petugas Kementerian Sosial yaitu yang berasal dari Sentra Terpadu Pangudi Luhur dan Sentra Abiseka.

Muhammad Deni (9) salah satu anak dari pulau Gara, mengaku gembira mendapat seragam sekolah, tas, alat sekolah dan sepatu.

Ia berjanji akan rajin belajar agar cita-citanya menjadi polisi dapat tercapai.

"Terimakasih ibu Menteri Sosial. Deni akan rajin belajar dan menjadi polisi," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.