Sukses

Kini, Patung Pahlawan Nasional Jamin Ginting Berdiri Kokoh di Kota Medan

Liputan6.com, Medan - Nama tokoh pejuang kemerdekaan yang menentang pemerintahan Hindia Belanda di Tanah Karo, Sumatera Utara (Sumut), Letjen Jamin Ginting, selama ini telah diabadikan sebagai nama jalan. Kini, patungnya berdiri kokoh di Jalan Jamin Ginting, Km 0, Medan.

Pada Selasa, 28 Juni 2022, patung Jamin Ginting diresmikan. Keberadaan patung ini diharapkan dapat menginspirasi warga Kota Medan megenai perjuangan dan pengabdian yang dilakukan Jamin Ginting untuk bangsa dan negara.

Peresmiannya ditandai dengan penandatanganan prasasti yang dilakukan Wali Kota Medan, Bobby Nasution, didampingi Riahna Ginting, putri almarhum Letjen Jamin Gintings, Letjen (Purn) Amir Sembiring selaku Ketua Yayasan Jamin Ginting.

Kemudian Ketua DPRD Sumut, Baskami Ginting, mewakili Gubernur Sumut, Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang, serta unsur Forkopimda Sumut dan Kota Medan. Dilanjutkan dengan penekanan tombol diikuti dengan pelepasan kain merah penutup patung.

"Saya ucapkan terima kasih karena telah dibangunnya patung pahlawan nasional Letjen Jamin Ginting ini di Kota Medan," kata Bobby, saat itu.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 4 halaman

Kiprah Jamin Ginting

Menurut Bobby, kehadiran patung Jamin Ginting sangat baik bagi masyarakat. Hal itu tidak terlepas dari sejarah perjalanan hidup Jamin Ginting yang dimulai bergerak dari Tanah Karo masuk ke Kota Medan, sehingga membanggakan Sumut.

Tak hanya itu, kiprahnya bisa sampai membanggakan Indonesia juga menjadi penyemangat bagi warga Medan. Selama ini nama Jamin Ginting sudah sering didengar dan disebutkan, termasuk menjadi salah satu nama jalan di Kota Medan.

"Bahkan salah satu jalan terpanjang di Sumut. Hari ini masyarakat sudah dapat melihat sosok almarhum Letjen Jamin Ginting melalui patung," ucapnya.

3 dari 4 halaman

Dipedomi Masyarakat

Bobby Nasution menginginkan masyarakat Kota Medan agar cita-cita yayasan maupun keluarga almarhum Jamin Ginting, bagaimana kiprah dan apa yang telah dilakukannya untuk bangsa dan negara Indonesia, khususnya Medan maupun Sumut, bisa dipedomani.

Menantu Presiden Joko Widodo atau Jokowi juga mengatakan, Pemerintah Kota (Pemko) Medan akan menjaga apa yang telah diberikan, bukan hanya menjaga dalam bentuk fisik tetapi juga dalam bentuk cerita, sejarah dan semangat pahlawan nasional Letjen Jamin Ginting.

"Kita tentunya ingin menceritakan dan melestarikan semangat yang telah ditunjukkan almarhum Letjen Jamin Ginting semasa hidupnya," sebutnya.

4 dari 4 halaman

Aset Pemko Medan

Riahna Ginting, putri sekaligus mewakili keluarga besar almarhum Letjen Jamin Ginting menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wali Kota Medan yang telah menyetujui berdirinya patung tersebut di Jalan Jamin Ginting Km 0, Kota Medan.

"Patung ini kami serahkan kepada Pemko Medan dan menjadi aset Pemko Medan untuk dapat dikelola dengan baik," Riahna menandaskan.