Sukses

Metropawllys di Medan, Kafe Unik dengan Konsep Pet Friendly Bagi Para Pecinta Anjing

Liputan6.com, Medan Bertujuan mengajak orang-orang untuk lebih menghargai dan mencintai makhluk hidup seperti anjing menjadi salah satu alasan hadirnya Metropawllys di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut).

Berlokasi di Jalan KH Wahid Hasyim, Nomor 6, Medan, Metropawllys saat ini satu-satunya kafe di Ibu Kota Sumut yang mengusung konsep pet friendly yang ramah terhadap anjing.

"Metropawllys bisa dibilang dog park pertama di Medan dengan konsep minimalis tetapi agak urbanis. Tujuannya memfasilitasi orang-orang yang ingin punya doggy, tapi susah memeliharanya," kata Owner Metropawllys, Jenny Effendi, Sabtu (25/6/2022).

Kehadiran Metropawllys di Kota Medan juga didasari banyaknya teman dan keluarga, serta orang terdekat Jenny yang ingin memelihara anjing tapi mengalami kendala.

"Kita banyak melihat teman-teman dan keluarga pengin punya doggy, tapi permasalahan pertama tidak bisa memeliharanya, ada juga yang mungkin karena agama, dan ada juga karena ingin melihat beberapa doggy," ucapnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 5 halaman

Pertama di Medan

Apalagi di Medan, Jenny mengungkapkan, selama ini untuk area makan bersama anjing nihil atau sama sekali tidak ada. Bahkan, tidak ada tempat wisata di Medan yang bisa membawa anjing dengan bebas.

"Belum ada di Medan tempat yang bisa digunakan sebagai tempat nongkrong bersama hewan peliharaan seperti anjing, makanya akhirnya saya menghadirkan Metropawllys ini," ungkapnya.

Di Metropawllys pengunjung yang datang bisa membawa anjing peliharaannya, dan bisa saling bersosialisasi. Bahkan yang tidak memiliki anjing juga masih bisa bersosialisasi dengan anjing-anjing yang ada di Metropawllys.

"Total doggy yang ada di Metropawllys 15 ekor, terdiri dari beberapa jenis. Pengunjung bisa berinteraksi seperti berfoto dan memberi makan. Berfoto tetapi tidak boleh menggendong demi keamanan doggy," sebut Jenny.

Diterangkan Jenny, kehadiran Metropawllys juga untuk memberikan kebebasan kepada anjing agar tidak hanya berada di dalam rumah atau dalam kandang saja.

"Tetapi juga bisa bersosialisasi, bisa berteman dengan doggy lain, karena anjing bukanlah hewan yang bisa hidup sendiri," terangnya.

3 dari 5 halaman

Berbagai Fasilitas untuk Anjing

Metropawllys hadir Oktober 2021 dan mendapatkan respons yang cukup positif dari masyarakat, terutama pecinta anjing. Tak hanya sekadar tempat nongkrong bersama anjing kesayangan, di Metropawllys pengunjung juga bisa memanjakan anjingnya dengan berbagai fasilitas.

Owner Metropawllys, Jenny Effendi menuturkan, ada beberapa fasilitas yang ditawarkan di Metropawllys, mulai dari grooming, swimming, hotel, dan juga playground.

"Kadang ada beberapa doggy yang memang perlu banyak lari, apalagi dengan kondisi kesehatan, nah area playground bisa digunakan," ujarnya.

Bagi pengunjung yang ingin menitipkan anjingnya, bisa menggunakan fasilitas hotel yang ada di Metropawllys. "Hotel di sini ada yang one day service, yaitu doggy bisa menginap selama 8 jam, ada yang daily, monthly, bahkan yearly juga bisa," tuturnya.

Di Metropawllys kebersihan adalah hal yang utama agar kenyamanan tetap terjaga, baik untuk pemilik maupun anjing. "Di sini lebih mementingkan kebersihan, itu yang pertama agar kenyamanan tetap terjaga. Pada saat doggy masuk ke sini akan difasilitasi pampers gratis. Kita mengedukasi pengunjung untuk selalu lebih bersih,” terangnya.

4 dari 5 halaman

Syarat Anjing Menginap di Hotel

Jenny menjelaskan, bagi pengunjung yang ingin menginapkan anjingnya di hotel, harus melihat beberapa aspek, yaitu apakah anjingnya terbiasa di kandang atau tidak. Kemudian, bagaimana kebiasaannya, jika anjing ditinggal, lalu apakah terbiasa di ruangan ber AC atau tidak, agar bisa mengantisipasi anjing tidak sakit seperti flu jika berada di ruangan AC.

Di Metropawllys, pengunjung akan diberikan opsi-opsi agar anjing aman dan nyaman ketika ditinggal pemiliknya.

"Seminggu sebelum pengunjung meninggalkan doggy kesayangannya, sudah harus prepaire beberapa hal. Karena ada juga beberapa doggy yang ketika ditinggal imunitasnya menurun. Tapi kita juga menenangkan para pemilik untuk melihat kondisi doggy dalam sehari setelah ditinggal, karena kadang doggy sudah bisa beradaptasi dalam sehari," jelasnya.

Metropawllys juga akan segera me-launching basic training, yaitu tempat untuk anjing belajar kedisiplinan dan sebagainya. Metropawllys juga dilengkapi dengan aksesori dan pernak-pernik anjing, bahkan sampai makanan anjing bisa didapatkan.

5 dari 5 halaman

Hadirkan Paw Paw Market Selama 3 Hari

Metropawllys kembali mengadakan kegiatan Paw Paw Market kedua yang diadakan tanggal 24 hingga 26 Juni 2022. Paw Paw Market adalah aktivasi acara Metropawllys yang diselenggarakan untuk meningkatkan kesadaran publik tentang dunia anjing dan hewan lainnya.

Acara ini terbuka untuk umum dan bersifat gratis. "Paw Paw Market diisi dengan beragam acara kegiatan mulai dari bazar yang diikuti 20 tenant lokal dari Jakarta, Surabaya, dan Medan," terang Owner Metropawllys, Jenny Effendi.

Selain bazar, ada juga aktivitas dog race, fashion show, permainan anak-anak, sharing edukasi isu-isu hewan terkini bersama dengan Sandy Lexygrayson dan Edison dari Meet The Wonderbutts, Jakarta.

Kegiatan ini memang bertujuan untuk menyatukan komunitas pecinta anjing di Kota Medan dalam satu wadah kebersamaan, sebagai ruang silaturahmi dan berbagi pengalaman sesama pecinta hewan.