Sukses

Jenazah Eril Kemungkinan Disemayamkan di Gedung Pakuan, Pemprov Lakukan Persiapan

Wahyu mengaku pihaknya melakukan berbagai persiapan terkait penyambutan jenazah Eril.

Liputan6.com, Bandung - Jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, direncanakan tiba di Bandung pada Minggu (12/6/2022). Setibanya di Bandung rencananya jenazah putra sulung Gubernur Jabar Ridwan Kamil itu akan disemayamkan di Gedung Pakuan.

"Kami belum bisa memastikan juga apakah akan disemayamkan dulu di sini (Gedung Pakuan). Atau langsung ke pemakaman karena kita melihat waktu tibanya dulu. Kalau misalnya waktu tibanya apa memungkinkan untuk langsung atau apakah memang juga di semayamkan di sini jadi kita lihat perkembangannya di hari besok," kata Kepala Biro Administrasi Pimpinan Provinsi Jawa Barat Wahyu Mijaya di Gedung Pakuan, Jumat (10/6/2022).

Wahyu mengaku pihaknya melakukan berbagai persiapan terkait penyambutan jenazah Eril. Persiapan antara lain penyambutan jenazah Eril mulai dari bandara, perjalanan ke Bandung, tempat disemayamkan hingga pemakaman.

"Di bandara, kita siapkan koordinasi dengan Kemenlu dan pihak bandara. Kesiapan bandara menuju ke sini dan ke sana, lalu kesiapan kalau disemayamkan di Gedung Pakuan kita siapkan dan menyiapkan tempat pemakaman," ujar dia.

Wahyu menambahkan, saat prosesi pemakaman pihaknya tak ingin menghalangi orang bersimpati dan berdoa. Tapi, lingkungan di sana tak terlalu luas dan bisa mencukupi kalau jumlah besar.

"Untuk prosesi pemakaman pada prinsipnya dari keluarga itu tidak ingin menghalangi orang bersimpati dan berdoa. Tetapi yang harus diperhatikan adalah lingkungan di sana itu kapasitasnya tidak bisa mencukupi kalau misalnya untuk jumlah besar," katanya.

 

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dimakamkan di Pemakaman keluarga

Adapun putra sulung Gubernur Jabar Ridwan Kamil itu rencananya dimakamkan di pemakaman keluarga di Cimaung, Kabupaten Bandung. Jasad Eril diperkirakan bakal tiba di Tanah Air pada Minggu (12/6/2022).

Wahyu menjelaskan, pihaknya memohon maaf apabila saat prosesi masuk ke liang lahat ada beberapa pengaturan kepada tamu maupun pengunjung. "Kalau misalnya ada beberapa pengaturan-pengaturan di sana kami juga mohon maaf dari awal karena kita ingin keluarga nyaman dan masyarakat di sana juga nyaman," ucapnya.

Seperti diketahui, Eril hanyut terseret arus Sungai Aare, Bern, Swiss pada 26 Mei 2022. Setelah pencarian selama hampir dua pekan, jenazah Eril ditemukan kepolisian setempat pada Rabu (8/6/2022) pagi di Bendungan Engelhalde, Bern.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.