Sukses

Puncak Kawah Gunung Ile Lewotolok Dipenuhi Lava, Warga Diminta Waspada

Kawah Gunung Api Ile Lewotolok di Pulau Lembata, Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur, dipenuhi lava hingga meluap ke lereng gunung bagian timur.

 

Liputan6.com, Kupang - Kawah Gunung Ile Lewotolok di Pulau Lembata, Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur, penuh dengan lava hingga meluap dan mengalir ke lereng gunung di bagian timur. Hal itu dilaporkan Pos Pemantau Kawah Gunung Api Ile Lewotolok.

"Saat ini lava masih meluap keluar dari kawah gunung," kata Kepala Pos Pemantau Gunung Api Ile Lewotolok Stanis Arakian.

Ia mengatakan bahwa pada Sabtu (4/6/2022) lava meluap dan keluar yang terlihat dari lokasi pos pemantau.

Lava itu, kata dia, mengalir sejauh 2.000 meter dari bibir kawah. Aktivitas aliran lava ini masih berlanjut hingga sekarang namun secara visual tidak kelihatan secara jelas.

Stanis menambahkan bahwa aliran lava itu jika mengalir dalam jumlah yang banyak akan melalui jalur sungai, sehingga dikhawatirkan akan sampai permukiman warga.

"Lava yang penuh di puncak gunung api tersebut pada 31 Mei 2022 meluap dan mengalir di bagian timur gunung itu dengan jarak sekitar 1.500 meter," katanya.

Kemudian pada Sabtu (4/6/2022) lava yang meluap itu juga mengalir ke lokasi yang sama dengan jarak mencapai 2.000 meter.

Ia menambahkan bahwa aliran lava baru yang ada di puncak gunung itu mengarah ke dua desa di Kecamatan Ile Ape Timur, yakni Desa Lamawolo dan Lamatokan.

"Selama masih ada proses pemanasan dari bawah maka kawah akan penuh meluap," katanya.

Warga diminta berhati-hati dan selalu waspada dengan adanya lava tersebut. "Sampai saat ini status gunung tersebut masih level III atau siaga," kata Stanis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.