Sukses

Serabi Kocor Embah Padmo, Panganan Berusia Setengah Abad dari Yogyakarta

Serabi kocor memakai kocor atau kuah dari santan, pandan, dan gula merah atau aren sebagai pelengkap.

Liputan6.com, Yogyakarta - Yogyakarta memiliki jajanan tradisional bernama serabi kocor. Meski sudah jarang ditemui, panganan Yogyakarta tersebut masih bisa dinikmati hingga kini.

Salah satu tempat yang masih setia menyajikan kuliner ini adalah serabi kocor Embah Padmo. Tak hanya legendaris, namun juga memiliki cita rasa yang masih juara.

Dikutip dari berbagai sumber, bahan utama membuat serabi khas Yogyakarta adalah tepung beras. Serabi kocor memakai kocor atau kuah dari santan, pandan, dan gula merah atau aren sebagai pelengkap.

Serabi kocor Embah Padmo hingga kini masih dimasak dengan cara tradisional. Warung serabi ini menggunakan anglo dan wajan tanah liat berukuran kecil.

Serabi kocor Embah Padmo sudah berjualan sejak 1972, kelezatan serabi di sini sudah begitu terkenal di seantero Yogyakarta. Tak heran jika pelanggannya datang dari semua kalangan.

Meski sudah tak lagi dijalankan langsung oleh Mbah Padmo, pelanggan tetap berdatangan. Soal rasa, dijamin masih sangat autentik.

Warung serabi Embah Padmo menawarkan berbagai varian serabi kocor, mulai rasa original hingga menggunakan topping kekinian. Salah satu yang jadi favorit pelanggan adalah serabi kocor original.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Varian Rasa dan Harga Serabi Kocor

Tak hanya serabinya yang nikmat, kocornya juga terasa lezat. Cita rasa serabi gurih dan punya tekstur lembut. Kuah kocornya memancarkan cita rasa khas santan, namun terasa sedikit manis.

Perpaduan rasanya begitu pas, tak pernah gagal menggoyang lidah. Varian serabi dengan topping kekinian juga menarik dan menggugah selera.

Mulai dari topping cokelat susu, keju susu, dan mix cokelat keju susu. Bagi yang tidak suka kuah kocor, warung ini juga menyediakan serabi kering dengan pilihan rasa sama.

Seporsi serabi, dengan kocor maupun kering, dibanderol dengan harga cukup terjangkau, mulai Rp8.000 hingga Rp12.000. Warung serabi ala Embah Padmo berada di pusat kota tak jauh dari Tugu Yogyakarta, tepatnya beralamat di Jalan Gowongan, Sosromenduran, Jetis, Yogyakarta.

Warung serabi ini buka sore hari, mulai pukul 16.30 hingga pukul 22.30,setiap hari Selasa hingga Sabtu saja.

(Tifani)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.