Sukses

4 Ide Hampers Kuliner Yogyakarta untuk Hantaran Lebaran

Biasanya hampers berisi dengan makanan atau kue kering khas lebaran. Namun jika bosan, deretan makanan tradisional khas Yogyakarta ini dapat menjadi pilihan.

Liputan6.com, Yogyakarta - Jelang Hari Raya Idul fitri 1443 Hijriah, banyak orang menyiapkan bingkisan atau hampers untuk dikirimkan kepada orang terdekat atau kerabat. Tujuannya untuk menyambung silaturahmi pada para kerabat yang mungkin belum dapat berkumpul bersama di hari raya.

Biasanya hampers atau parsel berisi dengan makanan atau kue kering khas lebaran. Namun jika bosan, deretan makanan tradisional khas Yogyakarta ini dapat menjadi pilihan.

Selain tidak membosankan, aneka kuliner khas Yogyakarta ini juga sudah bervariasi sehingga lebih kekinian dan modern. Dikutip dari berbagai sumber, berikut inspirasi hampers kuliner Yogyakarta.

1. Cake Tela

Bahan makanan singkong atau ketela kini dapat menjadi makanan kekinian yang lezat, salah satunya adalah cake tela. Cake tela khas Yogyakarta ini adalah kue sejenis bolu yang terbuat dari tepung singkong.

Singkong mengandung karbohidrat kompleks dan kaya akan serat, sehingga sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Singkong juga sangat baik untuk penderita diabetes serta menyehatkan jantung.

Cake tela dapat menjadi pilihan hampers Lebaran tahun ini, selain menyehatkan dan tahan lama. Ada banyak pilihan variasi rasa yang dapat dibagikan ke sanak saudara atau teman, mulai dari cake tela rasa cokelat, keju, hingga almond.

Salah satu cake tela legendaris di Yogyakarta adalah cokro tela cake. Kuliner Yogyakarta ini dibanderol mulai dari Rp 30.000-an.

Cokro tela cake berlokasi di Jalan HOS Cokroaminoto No. 97, Yogyakarta. Toko kue ini buka setiap hari mulai pukul 11.00 hingga 21.00.

 

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tiwul

2. Tiwul Kekinian

Tiwul makanan khas Gunungkidul, Yogyakarta ini dapat diubah menjadi aneka kudapan kekinian yang lezat. Tiwul dapat dibuat menjadi cake-cake menarik dengan berbagai rasa dan warna yang wajib dicoba.

Cake tiwul yang kekinian ini bahkan dapat dikirim ke luar kota, karena dapat bertahan hingga empat hari di suhu ruangan. Lezat dan tahan lama, membuat cake tiwul ini dapat menjadi pilihan hampers lebaran yang kekinian dan tradisonal sekaligus.

Cake tiwul yang cukup terkenal di Yogyakarta berasal dari Jogja Regale Cake Thiwul. Jogja Regale Cake Thiwul Kekinian yang dikemas modern dengan 9 varan rasa, tanpa menghilangkan unsur tradisional dari tiwul.

Varian rasa jogja regale terdiri dari keju, pandan, ubi, coklat, red velvet, dan masih banyak lagi. Cake unik ini dapat dibeli langsung di tokonya yang terteletak di Jalan Modang Nomor 467, Mantrijeron, Kota Yogyakarta dan dibuka selama 24 jam.

 

3 dari 4 halaman

Gudeg

3. Gudeg Besek

Gudeg merupakan kuliner autentik khas Yogyakarta. Ada dua jenis gudeg yang biasanya disajikan, yakni gudeg basah dan kering.

Jika dibandingkan, gudeg kering memiliki masa simpan yang lebih lama karena tidak berkuah. Oleh karenanya, biasanya gudeg kering yang akan dipilih menjadi isian hampers lebaran khas Yogyakarta.

Namun sayangnya untuk beberapa orang cita rasa gudeg kering dirasa kurang dibanding gudeg basah. Namun tenang, kini banyak sentra kuliner gudeg yang berusaha mengembangkan gudeg basah sebagai isian hampers yang tahan lama.

Agar tidak mudah basi pengemasan dan pengiriman gudeg basah harus sangat berhati-hati. Salah satunya adalah dengan cara dibungkus terlebih dahulu dengan plastik secara terpisah.

Agar lebih cantik dan cocok untuk menjadi hampers lebaran bagi kerabat dan teman, gudeg basah akan dikemas di dalam besek atau anyaman bambu. Salah satu toko gudeg yang menawarkan gudeg besek sebagai hampers dan oleh-oleh adalah gudeg permata.

Gudeg Permata buka setiap Senin-Sabtu pukul 20.00-01.00 WIB. Lokasi Gudeg Permata ada di Jalan Gajah Mada Nomor 2, Gunungketur, Pakualaman, Kota Yogyakarta. 

 

4 dari 4 halaman

Ayam Ingkung

4. Ayam Ingkung

Ayam ingkung merupakan kuliner khas Pajangan, Kabupaten Bantul. Ayam ingkung adalah kuliner olahan ayam yang dihidangkan utuh bersama jeroan ayamnya.

Ayam ingkung khas Pajangan, Kabupaten Bantul ini menggunakan ayam kampung asli, sehingga memiliki cita rasa yang lebih lezat dah gurih. Apabila ingin menjadikan kuliner khas ini sebagai hampers yang menempuh perjalanan panjang.

Ada baiknya memilih ayam ingkung yang di masak kering atau digoreng maupun dibacem. Selain itu, agar semakin lengkap ayam ingkung juga diberi lalapan, sambal khas, dan oseng daun ketela khas Pajangan.

Salah satu warung makan ingkung legendaris adalah ingkung Mbah Cempluk yang berada di Desa Santan, Kecamatan Pajangan. Harga satu ayam ingkung paket lengkap berkisar dari Rp. 120.000 hingga Rp 150.000, tergantung dari ukuran satu ayam kampung yang digunakan.

(Tifani)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.