Sukses

3 Maskapai Internasional Mendarat Perdana di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali

Tiga maskapai internasional lakukan pendaratan perdana di Bali usai masa pandemi Covid-19. Ketiga maskapai itu adalah Jetsstar Asias, Garuda Indonesia, dan Scoot dan melakukan pendaratan di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Liputan6.com, Bali - Tiga maskapai rute penerbangan internasional Jetstar Asia, Garuda Indonesia dan Scoot sukses melakukan pendaratan perdana di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Jumat (4/3/2022). Maskapai Jetstar Asia nomor penerbangan 3K243 rute Singapura-Denpasar sukses melakukan pendaratan pada pukul 09.55 Wita menggunakan jenis pesawat Airbus A320 dan mengangkut sebanyak 8 penumpang.

Pesawat yang sama dengan nomor penerbangan 3K244 terbang dari Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali pukul 10.45 Wita dengan mengangkut 6 penumpang menuju Singapura. Sementara, maskapai Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA715 dengan rute Sydney-Denpasar mendarat pada pukul 14.45 Wita.

Dengan menggunakan jenis pesawat Airbus A330 Garuda Indonesia mengangkut sebanyak 61 penumpang. Pesawat lainnya, yakni maskapai Scoot nomor penerbangan TR288 dengan rute Singapura-Denpasar mendarat pukul 18.05 Wita menggunakan pesawat Airbus A320 dan mengangkut sebanyak 42 penumpang.

Pesawat tersebut berangkat kembali ke Singapura dengan nomor penerbangan TR289 pukul 18.45 WITA dengan mengangkut 11 penumpang.

"Suksesnya pendaratan perdana 3 maskapai rute internasional hari ini menambah optimisme akan kebangkitan industri aviasi dan pariwisata yang sangat terdampak oleh pandemi Covid-19," kata Direktur Utama Angkasa Pura I, Faik Fahmi di Badung, Sabtu (5/3/2022).

Ia berharap kedatangan tiga pesawat maskapai internasional tersebut dapat membawa dampak baik untuk pertumbuhan ekonomi di Bali.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemulihan Ekonomi Bali

"Ini juga menambah daftar maskapai internasional yang telah kembali beroperasi di Bali setelah sebelumnya Garuda Indonesia rute Narita-Denpasar dan Singapore Airlines rute Singapura-Denpasar," ujar dia.

Ia melanjutkan, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali bersama seluruh stakeholders akan memastikan seluruh penumpang rute internasional yang datang ke Bali menjalani setiap proses pemeriksaan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

"Proses pembersihan area publik seperti konter check in, trolley, self check-in machine, security checkpoint (tray & x-ray), toilet, boarding pass scanner, hand rail, arm chair, dilakukan secara intens dan berkala menggunakan desinfektan. Kami juga mendorong mitra usaha/tenant di untuk tetap memberikan pelayanan terbaik dan menjalankan penerapan protokol kesehatan dengan ketat," katanya.

Sementara itu, beroperasinya penerbangan internasional di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali sejak 1-28 Februari 2022 trafik penumpang penerbangan meningkat. Penumpang internasional di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali mencapai 2.933 penumpang dengan trafik pesawat mencapai 64 pergerakan pesawat.

Di mana pada masa sebelum pandemi COVID-19 tahun 2019, trafik penumpang penerbangan rute internasional di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali mencapai 13,8 juta penumpang dengan trafik pesawat internasional mencapai 73.886 pergerakan pesawat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.