Sukses

Tidak Membosankan, Begini Cara Siloam Hospitals Palangka Raya Berbagi Edukasi Seputar Otak Manusia

Siloam Hospitals Palangka Raya sebagai bagian dari Siloam Hospitals Group menaruh perhatian terkait otak manusia

Liputan6.com, Palangka Raya Fungsi otak manusia sangat menakjubkan. Lebih dari 100 miliar sel syaraf terdapat di dalamnya, sehingga otak bisa menjalankan berbagai fungsi tubuh.

Siloam Hospitals Palangka Raya sebagai bagian dari Siloam Hospitals Group menaruh perhatian terkait hal ini. Bergerak dari motivasi untuk mendorong pengembangan bidang kesehatan Palangka Raya dan Kalimantan Tengah, Siloam Hospitals Palangka Raya mengundang  Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Pelita Harapan sekaligus pimpinan tim bedah saraf (TBS) Siloam Hospitals Eka Wahjoepramono bersama timnya untuk mengadakan pemutaran film 3D dan seminar edukasi kesehatan otak di Studio XXI Palangka Raya Mall (Palma XXI), Jumat (14/1/2022).

Film 3D berjudul The Greatness of Human Brain Determines Nation's Civilization and Its Potential Catastrophe ini berdurasi 70 menit. Bertepatan dengan acara pemutaran film 3D, Siloam Hospitals Palangka Raya juga berhasil mengerjakan tindakan pengangkatan tumor otak secara endoskopik melalui hidung (trans-sphenoid) untuk pertama kalinya.

“Kami berharap melalui pemutaran film ini, lebih banyak masyarakat mengetahui bahwa otak manusia memiliki fungsi yang menakjubkan dan bahwa banyak penyakit pada otak sebetulnya bisa disembuhkan atau dicegah," ujar Hospital Director Siloam Hospitals Palangka Raya Kevin Chrisanta Budiyatno.

Eka Wahjoepramono mengimbau agar pemutaran film dapat dijadikan acuan sebagai tolak ukur untuk meningkatkan kota Palangka Raya menjadi semakin lebih baik.

“Tindakan bedah saraf yang ditampilkan dalam film ini merupakan tindakan yang sulit dan membutuhkan peralatan yang canggih. Peralatan bisa diadakan secara bertahap, tetapi tanpa ada manusia yang mampu mengerjakan, maka peralatan ini menjadi tidak ada fungsinya," ucapnya.

Layanan bedah saraf sudah tersedia di Siloam Hospitals Palangka Raya sejak 1,5 tahun yang lalu. Keberadaan layanan bedah saraf di Siloam Hospitals Palangka Raya memungkinkan untuk mengerjakan kasus-kasus yang sebelumnya terpaksa harus dirujuk.

 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kerja Otak Manusia

Melalui film itu dipaparkan kemampuan otak manusia dalam membangun ide dan kreativitas menjadikan manusia berbeda dengan hewan. Merunut sejumlah fakta pada perjalanan sejarah dunia membuktikan, bahwa manusia dengan kemampuan berpikirnya mampu membangun peradaban. Salah satunya  melalui perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kemampuan otak manusia ditentukan bukan semata-mata melalui jumlah sel saraf, tetapi melalui hubungan yang terbentuk antar sel saraf tersebut (sinaps). Semakin banyak sinaps yang terbentuk, maka semakin tinggi kapasitas otak dalam memproses informasi.

Sinaps otak bisa dipicu oleh berbagai aktivitas otak, diantaranya adalah belajar dan berpikir. Sebaliknya, sinaps otak juga bisa mengalami kerusakan akibat berbagai hal,seperti merokok dan penggunaan narkoba.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.