Sukses

4 Tempat Makan Nasi Jamblang Cirebon yang Wajib Disinggahi Saat Libur Akhir Pekan

Nasi jamblang merupakan kuliner tradisional Cirebon yang disajikan menggunakan daun jati dengan lauk pauk yang beraneka rupa dan menggoda selera.

Liputan6.com, Cirebon - Nasi Jamblang merupakan salah satu kuliner tradisional yang banyak didatangi pengunjung saat berwisata ke Kota Cirebon. Nasi terbungkus daun jati, serta lauk pauk yang tersaji dalam meja pedagang menghadirkan sensasi tersendiri. Terlebih warung Nasi Jamblang Cirebon sendiri kebanyakan buka pada malam hari.

Tidak sedikit pengunjung maupun warga Cirebon sendiri memadati setiap warung nasi Jamblang. Dalam penyajiannya, tempat malam Nasi Jamblang memiliki ciri khas tersendiri.

Berdasarkan pantauan di lapangan, beberapa tempat makan Nasi Jamblang ini cocok untuk mengobati rasa lapar dan memanjakan lidah pengunjung Cirebon. Berikut empat tempat makan Nasi Jamblang Cirebon rekomendasi seperti yang dirangkum tim Liputan6.com.

Jamblang Mang Dul

Salah satu tempat makan Nasi Jamblang di kawasan sekitar Kota Cirebon. Lokasinya berada di Jalan Cipto Mangunkusumo dekat Lampu Merah Gunung Sari.

Nasi Jamblang Mang Dulu berdiri cukup lama dan merupakan salah satu tempat yang ramai dikunjungi wisatawan terutama pada pagi hari. Varian menu dan lauk pauk yang berbeda disajikan dalam tempat makan ini.

"Iya masakannya enak saya saja sampai rela antre mas itu sudah pagi," kata salah seorang pelanggan Nasi Jamblang Mang Dul, Lida.

Selain menu Nasi Jamblang, di sekitar tempat makan juga menawarkan varian menu lain. Seperti empal gentong, hingga es durian sebagai penghilang dahaga.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jamblang Bu Nur

Nasi Jamblang yang satu ini berada di Jalan Cangkring Kota Cirebon. Warung ini tak kalah ramai dengan tempat makan Nasi Jamblang lainnya di Cirebon.

Sejak pagi, antrian pelanggan Nasi Jamblang Bu Nur selalu memadati pintu masuk. Bahkan, tidak sedikit kendaraan macet ketika ingin memasuki kawasan gang arah Nasi Jamblang Bu Nur itu sendiri.

Sementara itu, pemilik Nasi Jamblang Cirebon Bu Nur, Wahid mengatakan, selama libur jumlah pengunjung mencapai empat kali lipat.

"Kalau hari biasa ya normal paling 100 orang per hari dan sebenarnya jumlah pengunjung kami tidak pernah hitung karena ya mengalir saja siapa yang datang kami layani," kata Wahid.

Restauran Nasi Jamblang Cirebon Bu Nur buka sejak pagi pukul 07.00 WIB hingga malam hari pukul 21.00 WIB. Wahid mengaku tak ada persiapan khusus menghadapi lonjakan pengunjung yang makan di restaurannya itu.

Varian menu dalam Nasi Jamblang yang ada direstaurannya selalu disajikan dalam kondisi panas. Jika kehabisan, pengelola mendadak masak.

"Kebetulan kan pasar dekat jadi kami mendadak belanja dan langsung dimasak jadi pengunjung makan disini dalam kondisi fresh," sebut Wahid.

Jamblang Pelabuhan

Merupakan salah satu tempat makan Nasi Jamblang yang menyajikan suasana berbeda. Sambil menikmati pagi di pesisir Cirebon, Nasi Jamblang Pelabuhan menjadi salah satu pilihan pengunjung untuk sarapan.

Menu dan lauk pauk yang disajikan sama, hanya saja nuansa pelabuhan dan alunan musik pengamen yang membuat suasana menyantap Nasi Jamblang Cirebon berbeda.

Jamblang Bu Fitri

Warung makan ini kerap ramai oleh pengunjung terutama pada malam hari. Selepas pengunjung berwisata keliling Cirebon, maupun Kuningan dan Majalengka.

Warung Nasi Jamblang Bu Fitri tersebut berada di Jalan Cipto Mangunkusumo Kota Cirebon. Menu dan lauk pauk yang lebih banyak, terutama pilihan satai. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.