Sukses

Viral Terekam CCTV, Pencuri Spesialis Minimarket di Mamuju Dibekuk Polisi

Pelaku terekam kamera pengawas (CCTV) toko saat menjalankan aksinya menggondol sejumlah barang jualan.

Liputan6.com, Mamuju - Berakhir sudah sepak terjang SE (26) lelaki pengangguran pelaku tindak pidana pencurian yang menyasar minimarket di Mamuju, Sulawesi Barat. Ia terekam kamera pengawas (CCTV) toko saat menjalankan aksinya menggasak sejumlah barang jualan.

Kasatreskrim Polresta Mamuju, AKP Pandu Arief Setiawan mengatakan, pelaku ini sempat viral di media sosial (medsos) setelah vidio rekaman aksi pecuriannya tersebar. Dalam kurun waktu satu minggu pelaku melakukan pencurian di tiga minimarket berbeda.

"Aksi pelaku diketahui setelah kepala toko melakukan pengecekan dan mendapati sejumlah barang hilang. Pelaku melakukan aksinya pada 11, 16 dan 18 Oktober 2021 di tiga Indomaret berbeda," kata Pandu kepada wartawan, Rabu (20/10/2021).

Pandu menambahkan, pelaku baru dilaporkan oleh korban pada 20 Oktober 2021 sekitar pukul 01.00 Wita. Tidak butuh waktu lama, dua jam kemudian, polisi berhasil meringkus pelaku setelah melakukan penyelidikan berdasarkan rekaman kamera pengawas.

"Pelaku diamankan di kediamannya saat tertidur pulas. Kita juga mengamankan barang bukti berupa satu unit sepeda motor Honda Fino milik pelaku dan pakaian yang digunakan," ujar Pandu.

Motif pencurian ini, menurut Pandu, pelaku ingin menguasai barang curian kemudian dijual kembali untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan foya-foya. Barang curian pelaku di minimarket umumnya berupa susu box formula yang dia jual murah ke Kabupaten Polman.

"Jadi pelaku masuk ke toko berpura-pura ingin berbelanja, kemudian menyembunyikan barang curian ke dalam jaket. Kita jerat Pasal 362 KUHP dengan ancaman hukuman penjara lima tahun," tutup Pandu.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.