Sukses

Pagi-Pagi Mengintip 'Cahaya Surga' Gua Gajah Bantul

Selain menyimpan pesona pantai, Bantul juga memiliki pesona gua alam yang indah, salah satunya Gua Gajah.

Liputan6.com, Yogyakarta - Selain menyimpan pesona pantai, Bantul juga memiliki pesona gua alam yang indah. Salah satunya, Gua Gajah yang terletak di Dusun Lembah Bang, Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul, kira-kira 12 kilometer sebelah Tenggara Kota Bantul.

Memiliki panjang sekitar 200 meter, gua yang satu ini masih alami dengan pengelolaan swadaya yang dilakukan oleh masyarakat sekitar. Bagi pengunjung yang akan mencoba sensasi  berpetualang di dalamnya, wajib membawa peralatan sendiri seperti senter atau alat penerangan lain.

Bila pengunjung tidak membawa alat penerangan, pengelola Gua Gajah telah  menyiapkan senter yang dapat disewa dengaan harga Rp 5.000. Pengunjung juga diminta untuk berhati-hati karena dasar guanya yang licin, apalagi bila musim penghujan sudah dimulai.

Jalan masuk dan keluar Gua Gajah juga terbilang unik. Jalan masuk gua ini berbentuk horizontal namun jalan keluarnya berbentuk  vertikal.  Sebuah pohon besar yang tumbuh di dasar gua dan menjulang tinggi ke luar gua.

Untuk mempermudah pengunjung, maka  di jalan keluar gua dibangun sebuah tangga yang digunakan sebagai alat bantu naik.

Ciri khas lain dari gua ini ialah stalagmitnya yang berbentuk menyerupai gajah. Bentuk ini pula yang mendasari penamaan gajah.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

'Cahaya Surga'

Selain bentuk stalagmitnya yang unik, cahaya yang masuk juga memberikan kesan tersendiri. Warga sekitar Gua Gajah Bantul bahkan menyebutnya 'cahaya surga'. Sebutan ini muncul karena cahaya matahari yang masuk melalui celah langit gua seakan-akan berasal dari surga. Apalagi bila dinikmati saat pagi hari, ketika burung berkicau.

Harga yang harus dirogoh untuk  menikmati sensasi Gua  Gajah sangat lah murah. Pengunjung cukup merogoh kocek sebesar Rp  2.000 untuk biaya parkir motor dan Rp 5.000 untuk parkir mobil.

Sementara untuk  tiket masuk, pengelola tidak memungut biaya sepeser pun, namun sebagai gantinya pengunjung harus membayar seikhlasnya untuk jasa pemandu wisata Gua Gajah Bantul.

(Yohana Nabilla)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.