Sukses

Sulit Akses Vaksin, Ini Bantuan LPEI untuk Warga Pedesaan di DIY

Saksian video pilihan berikut ini:

Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) menggelar vaksinasi Covid-19 ke wilayah yang aksesnya sulit di Yogyakarta.  Bekerja sama dengan organisasi sosial Loro-Blonyo dan SONJO, LPEI menyelenggarakan kegiatan vaksinasi di Masjid Girigondo, Kapanewon Temon, Kabupaten Kulon Progo, Minggu (26/9/2021).

Kegiatan vaksinasi yang digelar LPEI ini menyasar 1.500 warga di wilayah ini. Tidak hanya vaksin dosis pertama, sebagian warga juga menerima vaksin dosis kedua.

Wakil Ketua Penggerak PKK Provinsi DIY GKBRAA Pakualam berterima kasih kepada LPEI yang sudah membantu kegiatan vaksinasi, terutama di wilayah pedesaan yang kesulitan mengakses vaksin.

“Mudah-mudahan ini mempercepat target vaksinasi di Kulon Progo dan DIY pada umumnya,” ujar GKBRAA Pakualam dalam siaran pers LPEI.

Sementara, Senior Executive Vice President Penjaminan LPEI Salomi Adriana fokus terhadap program vaksinasi di kawasan pedesaan mengingat warga di lingkungan perkotaan lebih mudah mendapatkan akses vaksin, sedangkan di pedesaan relatif belum terjangkau.

“Kami mendapatkan masukan dari mitra kami yaitu Loro-Blonyo dan Sonjo, bahwa warga di pedesaan cenderung lebih sulit untuk mendapatkan vaksin. Oleh karena itu, program ini diarahkan untuk menjangkau warga dengan karakteristik seperti itu,” ucap Salomi.

Pengurus Loro-Blonyo Yogyakarta, Sugiharto, mengungkapkan, organisasinya sangat terbantu dengan program dari LPEI.

“Mengingat selama ini banyak pihak yang mau cari mudahnya saja,” tuturnya.