Sukses

Rap Challenge untuk Mahasiswa Baru Unnes, Ini Universitas atau Acara Survival?

Rangkaian kegiatan mahasiswa baru di Unnes viral di Tiktok.

Liputan6.com, Semarang - Rangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Negeri Semarang / Unnes 2021 menjadi sorotan warganet di Tiktok.

Menggunakan Tiktok sebagai media penugasan, akun @ppakunnes2021 dibanjiri komentar yang membandingkan Unnes dengan agensi-agensi hiburan di Korea Selatan.

Unnes ini universitas atau acara survival ya? Sampe ada rap segala wkwk,” tulis akun @Rawwr

jangan2 unnes nih universitas berkedok agensi kayak YG,” komentar akun @nadyfaa

saya sbg maba mau menangis kak, mau ospek serasa audisi bighit entertainment,” ungkap warganet lainnya dengan username @chelle.

Video penugasan #UNNESRapChallenge ini unik dan kreatif. Menggunakan instrumen tradisional, para mahasiswa baru diwajibkan untuk melakukan aksi nge-rap dengan lirik yang dibuat sekreatif mungkin, bertemakan Bhineka Tunggal ika.

Selain itu, acara ini juga memberikan penugasan kepada mahasiswa baru Unnes untuk melakukan #NusantaraMenariChallenge. Layaknya idol, mereka dituntut untuk menyanyi, menari, rap, bahkan acting.

Mengusung tema 'Sinergi Mahesa untuk Bhinneka Tunggal Ika' kegiatan PPAK 2021 (Program Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan) ini selain membekali mahasiswa baru dengan wawasan mengenai kampus, juga memiliki misi untuk menanamkan karakter dan budaya dalam mempersiapkan generasi muda untuk mencapai Indonesia emas dan unggul.

Mengemas tren modern dengan budaya tradisional Indonesia, membuat netizen memberi komentar unik.

bismillah abis PPAK dilirik YG,” tulis akun @heraay.ok.

challenge banget sih ini, disuruh ngerap pake instrument sekalem ini, tp jujur instrumennya emang enak bgt, wkwkwkk,” pemilik username @lynn turut memberikan apresiasinya di kolom komentar.

Bissmillah selesai ppak debut jd member ke lima black pink, mohon doanya ya teman,” tulis akun @Alyaa Fauziyyah dengan harapannya.

Setiap tahunnya, selalu ada cerita unik di balik kegiatan penyambutan mahasiswa baru Unnes. Mulai dari upacara bertopikan payung, kegiatan memelihara ayam sebagai syarat ospek dan masih banyak kegiatan seru lainnya.

Penugasan yang kerap dianggap menyulitkan, biasanya memang akan lebih membekas dan dikenang sebagai pengalaman yang mengesankan. Kira-kira akan ada hal unik apalagi ya di PKKMB UNNES 2022?

Selamat datang mahasiswa baru Unnes 2021. Salam konservasi!

Amelia Aghata, mahasiswi Unnes, peserta Program KMMI Digital Unnes dan Liputan6.com

Saksikan Video Pilihan Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.