Sukses

Mari Menyusuri Pintu-Pintu Doraemon di Kampus UNNES

Ada sejumlah akses alternatif keluar masuk kampus yang populer di kalangan mahasiswa UNNES. Disebutnya Pintu Doraemon.

Liputan6.com, Semarang - Ketika mendengar kata 'Pintu Doraemon', kita pasti akan langsung membayangkan sebuah pintu ajaib berwarna merah muda yang disebut 'pintu kemana saja' milik sebuah karakter animasi Jepang bernama Doraemon. Orang yang melewati pintu tersebut dapat langsung mengunjungi tempat-tempat sesuai keinginannya sejauh apapun dalam yang waktu yang sangat singkat.

Filosofi mengenai pintu kemana saja itu lah yang mendorong mahasiswa Universitas Negeri Semarang (UNNES) untuk menyebut pintu-pintu penghubung keluar masuk kampus sebagai Pintu Doraemon.

Yuk kenali beberapa Pintu Doraemon tersebut.

Pintu Doraemon FBS (Fakultas Bahasa dan Seni)

Di sepanjang tembok FBS bagian yang membelakangi Gang Kenanga, Gang Kantil, dan Gang Sirandu terdapat dua Pintu Doraemon. Dari arah gerbang utama UNNES dan memasuki Gang Kenanga, Pintu Doraemon pertama yang akan kita jumpai adalah yang berwarna merah muda, letaknya tepat berseberangan dengan Gang Kantil.

Pintu yang satu ini yang paling terlihat mirip dengan yang ada di animasi Doraemon karena dicat warna merah muda. Jika memasuki FBS dengan melewati pintu ini, kita akan langsung memasuki area sekitar Jurusan Seni Drama, Tari, dan Musik.

Kemudian, jika terus menyusuri Gang ini sampai Gang Sirandu, kita akan menjumpai Pintu Doraemon berikutnya. Dengan melalui pintu ini, kita akan langsung memasuki area sekitar Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris.

Sebagai jalan pintas memasuki FBS, pintu-pintu ini cukup membantu mahasiswa yang kosnya terletak di Gang Kenanga, Gang Kantil, dan Gang Sirandu untuk mempersingkat waktu.

“Menurut aku sangat efektif, karena dari kosku hanya membutuhkan waktu kurang lebih lima menit menuju kampus” kata salah satu mahasiswa FBS yang kosnya berada di Gang Sirandu, Reika, di Semarang, Rabu (11/8/2021).

Pintu Doraemon FIS (Fakultas Ilmu Sosial) dan FE (Fakultas Ekonomi)

Dari Gang Setanjung, kita bisa memasuki FIS ataupun FE melalui Pintu Doraemon. Jalan pintas ini tepatnya berada di antara gedung C2 (FIS) dan C3 (FE).Sama halnya dengan Pintu Doraemon FBS, Pintu Doraemon ini juga efektif bagi mahasiswa untuk mempersingkat waktu. Terlebih lagi bagi mahasiswa yang mengendarai motor, mereka bisa menitipkan kendaraan mereka di sebuah kos yang terletak di dekat Pintu Doraemon ini.

“Depan halamannya agak luas sehingga bisa dijadikan lahan parkir. Jadi yang bawa motor bisa parkir di situ walau harus bayar,” kata salah satu mahasiswa FIS yang beberapa kali pernah parkir di halaman kos tersebut, Yola, di Semarang, Rabu, 11 Agustus 2021.

“Dari lahan parkir ke Pintu Doraemon hanya berjarak 1 menit,” katanya.

Itulah beberapa jalan pintas dari gang-gang di belakang tembok fakultas di UNNES untuk memasuki area kampus yang terkenal dengan sebutan Pintu Doraemon. Kalau bisa cepat, kenapa harus lama?

Mila Ambiya, mahasiswi UNNES, peserta Program KMMI Digital UNNES dan Liputan6.com

Saksikan Video Pilihan Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.