Sukses

Usai Gigit 8 Orang di Gorontalo, Anjing Liar Diduga Terjangkit Rabies Ditemukan Mati

Liputan6.com, Gorontalo - Sebanyak delapan orang warga di Kelurahan Hunggaluwa, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo (Kabgor), Provinsi Gorontalo menjadi korban amukan anjing liar yang diduga mengidap penyakit rabies.

Kini para korban yang rata-rata masih dibawah umur tersebut masih menjalani perawatan secara intensif di Rumah Sakit MM. Dunda Limboto, Kabgor.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gorontalo, Sumanti Maku mengatakan, anjing liar yang menyerang 8 warga setempat ini, diduga telah terinfeksi penyakit rabies.

"Diduga kuat anjing itu mengidap rabies," kata Sumanti

“Begitu menerima laporan, tim Rescue langsung bergegas menuju tempat kejadian perkara,” ujarnya.

Menurut laporan warga sekitar, kata Sumanti, awalnya empat orang yang mendapat serangan gigitan anjing itu. Setelah itu, anjing tersebut menyerang anak-anak yang tidak jauh dari desa yang sebelumnya.

“Anjing yang sama itu, sehingga totalnya delapan orang cedera akibat serangan itu,” katanya. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Waspada Rabies

Menindaklanjuti hal tersebut, tim BPBD langsung mencari keberadaan anjing tersebut. Sebagian anggota mengamankan wilayah sekitar serta mengevakuasi warga yang menjadi korban gigitan.

“Setelah beberapa saat mencari, Kami kemudian mendapat informasi bahwa anjing tersebut telah mati,” imbuhnya.

Atas insiden ini, Kepala BPBD mengimbau seluruh warga Kabupaten Gorontalo, agar selalu waspada, tak terkecuali dari serangan-serangan berbahaya anjing liar yang mengidap rabies.

"Meskipun anjing tersebut sudah mati, kita tetap waspada jangan sampai ada anjing lain yang sudah tertular" ia menandaskan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: