Sukses

Menanti Fly Over di Tanjakan Maut Sitinjau Lauik Padang

Liputan6.com, Padang - Jalan Padang-Solok tepatnya di tanjakan maut Sitinjau Lauik akan dibangun fly over. Pembangunan infrastruktur itu sudah masuk dalam proyek nasional yang ditargetkan selesai pada 2024.

Menteri PPN/Bappenas, Suharso Monoarfa ketika berkunjung ke Kota Padang dan meninjau jalan Sitinjau Lauik mengatakan kawasan tersebut sangat layak dibangun fly over.

"Melihat kondisi Sitinjau Lauik dari segi manajemen transportasi, infrastruktur fly over layak dibangun di sini," katanya, Kamis (8/4/2021).

Fly over ini, lanjutnya sudah direncanakan sejak tahun 2012, saat ini pihaknya sedang malakukan peninjauan kembali.

Jika bisa, pembangunan fly over segera dimulai tahun depan dan diharapkan selesai pada 2024. Oleh sebab itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak terkait.

"Iya akan dikoordinasikan, terutama soal dampak lingkungan, sebab ada sebagian daerah hutan yang terkena imbas nantinya," ujar dia.

 

2 dari 3 halaman

Viral Sitinjau Lauik

Fly over Sitinjau Lauik akan membentang sepanjang 2,6 kilometer. Fly over terdiri dari jalan dan jembatan dengan lima tahap pengerjaan untuk jalan, dan empat tahap untuk jembatan.

Sementara Gubernur Sumbar, Mahyeldi mengatakan dengan pembangunan fly over ini dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat.

"Dengan kunjungan Menteri PPN/Bappenas ke Sumbar, semoga infrastruktur dan program nasional lebih cepat terlaksana," katanya.

Pemerintah provinsi dan semua instansi terkait, dan juga mengajak masyarakat Sumbar untuk mengawal kesuksesan program nasional di daerah ini.

Sitinjau Lauik adalah jalan dengan tanjakan curam menikung. Jalan ini viral di berbagai media sosial lantaran kerap terjadi kecelakaan.

Sejumlah akun bahkan khusus mengunggah beragam peristiwa yang terjadi di Sitinjau Lauik, termasuk atraksi para sopir truk yang pamer skill di tanjakan maut ini.

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini: