Sukses

Banjir di Bengkayang Kalbar, Bantuan Mulai Disalurkan untuk Warga Terdampak

Liputan6.com, Bangkayang - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkayang, Kalimantan Barat tengah menyalurkan bantuan bahan pokok di delapan kecamatan untuk warga di sejumlah kecamatan yang saat ini mengalami musibah atau terkena bencana banjir.

"Sejumlah Kecamatan di Kabupaten Bengkayang hingga saat ini masih terendam banjir di antaranya Kecamatan Seluas, Siding, Jagoi Babang, Ledo, Sanggau Ledo, Suti Semarang, serta Kecamatan Tujuh Belas," ujar Pjs Bupati Bengkayang, Yohanes Budiman dilansir Antara, Senin (18/1/2021).

"Dengan kondisi itu kita menyalurkan bantuan beras dan kebutuhan lainnya yang sudah dan sedang kita salurkan. Kita berharap cuaca akan segera kembali normal dan masyarakat bisa beraktivitas seperti sedia kala," dia menambahkan.

Pihaknya terus memantau dinamika perkembangan banjir di Bengkayang melalui para camat serta stakeholder terkait. Sementara dari laporan yang diterima, Yohanes menyatakan, pihak kecamatan yang daerahnya terdampak sejauh ini sudah mendirikan posko penanggulangan tanggap darurat bencana banjir. Selain itu, bantuan sosial pun sudah mulai berdatangan dari para donatur.

"Sampai saat ini saya terus memonitor dinamika wilayah terdampak melalui para camat. Tadi sudah ada laporan dari Seluas dan Ledo. Kita perintahkan Sekcam untuk selalu sedia di posko tanggap darurat bencana banjir," kata dia.

Ia terus mendorong para camat yang di daerahnya terkena banjir untuk segera melakukan langkah-langkah prioritas dan antisipatif bersinergi dengan aparat setempat.

"Para camat untuk sigap dan melakukan langkah prioritas dan antisipasi seperti menyiapkan posko pengungsian, kesehatan dan dapur umum untuk membantu warga terdampak banjir," harap dia.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Sosial, PP dan PA Kabupaten Bengkayang, Antonius Freddy Romy mengungkapkan bahwa pihaknya saat ini telah menyalurkan bantuan beras ke setidaknya delapan kecamatan terdampak bencana alam banjir di wilayah Kabupaten Bengkayang.

Delapan kecamatan tersebut melalui data Dinsos adalah Jagoi Babang dengan jumlah Kepala Keluarga (KK) penerima sebanyak 41 KK terdiri dari 164 jiwa dengan jumlah beras yang diterima 656 KG. Kecamatan Siding 92 KK, 368 jiwa memperoleh bantuan beras 1.472 KG. Kecamatan Seluas ada sebanyak 502 KK warga terdampak atau 2.008 jiwa dan mendapatkan 8.032 KG beras.

Kecamatan Tujuh Belas ada 150 KK dengan jumlah 600 jiwa dan peroleh 2.400 KG beras, Kecamatan Sanggau Ledo ada 140 KK atau terdiri dari 560jiwa bantuan beras 2.240 KG. Kecamatan Ledo, 65 KK terdiri dari 260 jiwa dengan bantuan 1.040 KG, dan Kecamatan Suti Semarang 22 KK terdiri dari 96 jiwa dan peroleh 384 KG, serta Kecamatan Sungai Raya Kepulauan 34 KK terdiri dari 136 Jiwa dengan perolehan bantuan beras sebanyak 544 KG.

"Untuk total beras yang disalurkan melalui Dinas Sosial sebanyak 16.768 Kilogram. Ini yang kita sebar ke delapan Kecamatan yang ada di Kabupaten Bengkayang. Semua bantuan sudah disalurkan, ada yang sedang dalam penyaluran, dan sudah diterima sesuai dengan data yang ada," dia menandasakan.

Simak video pilihan berikut ini:

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS