Sukses

Waspada, Banjir Mulai Menyapa Semarang

Hujan deras di wilayah Ungaran akan selalu berpotensi menyebabkan banjir, terutama di daerah Meteseh Tembalang.

Liputan6.com, Semarang - Daerah sekitar perumahan Puri Dinar Mas kembali terendam banjir. Penyebabnya hujan deras di daerah Ungaran dan sebagian Semarang mengakibatkan sungai Pengkol meluap. Akibatnya Perumahan klaster Dinar Indah RW 26 Kelurahan Meteseh Kecamatan Tembalang, banjir.

Genangan banjir sempat mencapai ketinggian pinggang orang dewasa. Beberapa platform media sosial juga memuat foto-foto dan video banjir tersebut.

Banjir menyebabkan listrik dipadamkan agar tak berbahaya. Arus air sangat deras sehingga ada perabotan rumah tangga yang hanyut.

Kapolsek Tembalang, Kompol Mas'ud menuturkan banjir di Perumahan Puri Dinar Indah berasal dari luapan sungai Pengkol dimana hulu sungai berada di wilayah Ungaran Kabupaten Semarang.

Saat itu wilayah Ungaran hujan lebih, sehingga debit air di sungai tersebut dan memasuki rumah warga.

" Air di sungai Pengkol meluap dan memasuki perumahan Dinar," kata Mas’ud.

Menurut Kapolsek Tembalang, ketinggian air saat puncak banjir mencapai sepinggang orang dewasa.

“Bersama petugas SAR gabungan kami dan para relawan membantu warga mengungsi di tempat yang lebih aman di Masjid perumahan tersebut,” kata Kapolsek.

Banjir ini sebenarnya tak lama. Sekitar pukul 20.00 banjir mulai surut. Apalagi hujan di wilayah Ungaran sudah mulai reda.

Sementara itu, Nasrul Umam, Kepala Satuan Koordinasi Banser Rayon Kecamatan Tembalang Kota Semarang mengatakan pihaknya telah menerjunkan 10 pasukan dan membantu mengevakuasi korban banjir yang rumahnya tenggelam. (Septi Nur Eka Mafiroh)

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.