Sukses

Mengintip Tugas Pak Bhabin Saat Vaksin Covid-19 Tiba di Kebumen Kelak

Liputan6.com, Kebumen - Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kebumen menggelar simulasi pendistribusian vaksin Covid-19, Rabu (13/1).

Alur distribusi vaksin Covid-19 bermula dari Provinsi Jawa Tengah menuju ke gudang farmasi Jl. Pemuda Kebumen (RSUD Lama) dengan pengawalan dan pengamanan dari Polda Jateng.

Di batas kota Kebumen-Purworejo, pengawalan dilanjutkan Sat Lantas Polres Kebumen bersama dengan Sat Sabhara. Sesampainya di gudang farmasi, petugas kesehatan provinsi menyerahkan vaksin kepada Dinkes Kebumen disaksikan Satgas Covid-19 Kabupaten Kebumen.

"Kita Polri dan TNI mengamankan mulai dari perjalanan sampai dengan pelaksanaan," ujar Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama melalui Kasubbag Humas Polres Iptu Sugiyanto.

Selanjutnya, Kepala Puskesmas dan petugas kesehatan yang ditunjuk mengambil vaksin ke gudang farmasi dengan pengawalan patroli Polsek dan Koramil masing-masing kecamatan.

Di gudang penyimpanan Puskesmas, petugas Polsek dan Koramil serta Puskesmas juga akan menjaga vaksin Covid-19. Sementara pada hari vaksinasi di Puskesmas, Bhabinkamtibmas bersama dengan Babinsa akan mengawal hingga selesai.

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 3 halaman

Tugas Pak Bhabin

Sebelum pelaksanaan vaksinasi, Bhabinkamtibmas alias Pak Bhabin dan Babinsa akan ditugaskan untuk menyosialisasikan "door to door" kepada penerima vaksin. Mereka juga akan mengingatkan jadwal program vaksinasi sesuai data link yang sudah daftar secara online.

Setelah warga mengetahui jadwal vaksinasinya, petugas akan mengimbau warga agar datang ke tempat pelaksanaan pemberian vaksin.

"Simulasi ini bertujuan agar kita mengetahui gambaran pendistribusian vaksin. Dalam simulasi itu ada peran sinergi Polres, Kodim dan Dinas Kesehatan," kata Sugiyanto.

Sebagai informasi, vaksin adalah zat yang dimasukkan ke tubuh manusia untuk menstimulasi sistem kekebalan tubuh manusia.

Pada akhirnya sistem imun diharapkan bisa melindungi manusia dari penyakit yang sedang dilawan, dalam hal ini Covid-19.

Vaksin juga diharapkan memberikan kekebalan pada individu yang mendapatkan vaksin.

Ihwal keamanan vaksin, Presiden Joko Widodo menyatakan vaksin Sinovac aman. Untuk membuktikan, ia menjadi penerima vaksin Covid-19 pertama pada Rabu (13/1/2021).

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini: