Sukses

Kronologi Adik Sultan HB X Positif Covid-19

Adik Sultan HB X, GBPH Prabukusumo, dinyatakan positif Covid-19

Liputan6.com, Yogyakarta- Adik Sultan HB X, GBPH Prabukusumo, dinyatakan positif Covid-19. Beberapa waktu kemudian, istri adik Sultan HB X, Bendara Raden Ayu (BRAy) Prabukusumo, menyusul suaminya terpapar Covid-19 dan mejalani isolasi di tempat terpisah.

Setelah dinyatakan positif Covid-19, Prabukusumo pun dirawat di RSUP Dr. Sardjito. Dokter mengizinkan adik Sultan HB X itu menjalani isolasi mandiri pada Rabu (9/12/2020).

Menurut kerabat Prabukusumo sekaligus Dewan Kehormatan PMI DIY, Herry Zudianto, adik Sultan HB X itu dinyatakan positif Covid-19 dan sudah dirawat sekitar dua pekan terakhir. Ia menduga, Prabukusumo terpapar Covid-19 karena kesibukan dan perjalanan ke sejumlah tempat, seperti Jakarta dan pengungsian Merapi.

“Benang merahnya sepertinya di Merapi dan beliau tidak bisa menghindari, interaksi luar biasa dan bertemu banyak orang di Jakarta dan pemantauan Merapi, juga ikut pendampingan penuh pada 11 November lalu,” ujar Herry, Rabu (9/12/2020).

Sementara, istri Adik Sultan HB X, Bendara Raden Ayu (BRAy) Prabukusumo, yang meninggal dunia terpapar Covid-19 telah dimakamakan di Hastana Hastarengga Kotagede, kompleks pemakaman keluarga Keraton Yogyakarta, Rabu (9/12/2020) pukul 08.00 WIB.

Istri adik Sultan HB X meninggal dunia pada Selasa (8/12/2020) malam di RSUP Dr. Sardjito karena pendarahan 'aneurysma abdomen' dengan penyakit penyerta Covid-19 derajat sedang.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.