Sukses

Baru Sebulan Menikmati Zona Hijau Covid-19, Gorontalo Utara Kembali Memerah

Baru sebulan berhasil menekan tingkat penyebaran Kasus Covid-19 hingga mencapai Zona Hijau, Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) sepertinya kembali masuk pada zona merah Covid-19.

Liputan6.com, Gorontalo - Baru sebulan berhasil menekan tingkat penyebaran Kasus Covid-19 hingga mencapai zona hijau, Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) kembali masuk pada zona merah Covid-19.

Hal terungkap setelah lima orang warga dinyatakan positif Covid-19 oleh Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Gorontalo. Penambahan kasus tersebut kembali menambah jumlah kasus positif di Kabupaten Gorut.

Kepala Dinas Kesehatan Gorut Rizal Yusuf Kune mengungkapkan, total pasien positif Covid-19 di Gorut hingga kini berjumlah 342 Orang, 4 diantaranya meninggal dunia, 333 orang sudah dinyatakan sembuh dan lima orang saat ini sementara diisolasi.

“Lima Positif baru ini merupakan hasil tracking dari gugus tugas, mereka merupakan tenaga pengajar di SMA, yang tersebar di beberapa kecamatan,” kata Rizal kepada Liputan6.com.

“Mereka sedang menjalani isolasi di hotel yang ada di Kota Gorontalo,” sambung Kadis.

Rizal menjelaskan, sebelumnya pihaknya telah menyediakan tempat isolasi di Rumah Sakit ZUS Gorut, namun oleh kebijakan pihak pemerintah Provinsi Gorontalo, untuk tempat isolasi harus terpusat di Hotel.

“Karena tempat isolasi dipusatkan di sana, maka kami langsung mengantar kelima orang tersebut untuk melakukan isolasi,” ucap Rizal.

Selain itu Kata Rizal, Covid-19 hingga saat ini masih tetap ada, sehingga kata dia, untuk memutuskan mata rantai penyebarannya butuh kerjasama dan kepatuhan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan seperti membiasakan menggunakan masker, cuci tangan dan menghindari kerumunan.

“Intinya protokol kesehatan. Zona hijau tidak bertahan lama ketika hal ini kita langgar,” Rizal menandaskan.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita

Simak Video Pilihan Berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.