Sukses

Waspada Titik Rawan Longsor di Jalan Mentewe - Hulu Sungai Selatan Kalsel

Liputan6.com, Banjarmasin - Ruas jalan Mentewe, Kabupaten Tanah Bumbu menuju Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan dan sebaliknya rawan longsor saat turun hujan.

Camat Mentewe, Sulhadi, Rabu (15/7/2020) mengatakan, saat ini ada enam titik rawan longsor akibat intensitas hujan yang tinggi, oleh sebab itu para pengendara yang melintas harus waspada dan berhati-hati saat melintasi daerah tersebut.

Dirinya mengatakan, beberapa hari yang lalu ruas jalan Mentewe KM 81 sudah terjadi longsor, hingga saat ini masih dilakukan pengerukan tanah yang menutupi jalan tersebut.

Hampir 30 meter tanah longsor menutup jalan tersebut, sehingga perlu alat khusus untuk menyingkirkannya dengan melibatkan anggota TNI, Polri, dan BPBD.

Saat ini daerah yang sudah terjadi longsor dapat dilalui oleh pengendara namun belum maksimal akibat masih ada sisa material tanah yang belum rampung pengerjaannya. Hingga saat ini masih dilakukan evakuasi agar jalan tersebut benar-benar aman untuk dilintasi pengendara.

Menurut Sulhadi, lebih baik para pengendara mengurungkan niatnya untuk melintasi jalan tersebut guna menghindari terjadinya kecelakaan akibat tanah longsor.

"Apabila intensitas hujan masih tetap tinggi, tidak menutup kemungkinan enam titik rawan longsor tersebut akan longsor," ujarnya dikutip Antara.

Sementara itu Kepala BPBD Tanah Bumbu Eryanto Rais mengatakan, memang benar daerah tersebut rawan terhadap bencana longsor apalagi saat hujan.

"Sementara ini jalan sudah bisa dilewati. Namun, para pengendara yang melintas harus berhati-hati apabila melintasi jalan tersebut," tuturnya.

2 dari 2 halaman

Simak juga video pilihan berikut ini: