Sukses

Buaya Muara Serang Warga Banyuasin Saat Mencari Kayu di Tepi Sungai

Liputan6.com, Palembang - Kasus penyerangan hewan buas ke manusia kembali terjadi di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Kali ini dialami oleh warga Kabupaten Banyuasin Sumsel, yang berakhir pada kematian.

Peristiwa ini terjadi pada hari Rabu (3/6/2020) siang, sekitar pukul 13.00 WIB. Awalnya korban JN bersama ayahnya HM, mencari kayu di tepian Sungai Bungin Banyuasin Sumsel.

Saat sedang sibuk mencari kayu, JN tak menyadari ada seekor buaya muara mendekatinya. Hewan buas tersebut langsung menerkam dan menggigit tubuh korban.

Marga Sungsang ke Camatan Banyuasin II pun berteriak kesakitan, saat tubuhnya sudah berada di dalam mulut buaya tersebut. Ayah korban langsung menceburkan diri ke sungai untuk menyelamatkan nyawa anaknya.

HM pun berusaha melukai bagian mata buaya tersebut, agar buaya tersebut bisa melepaskan gigitannya ke tubuh korban. Tangan HM juga terluka karena turut diserang oleh buaya muara itu.

Namun buaya tersebut tetap menggigit tubuh korban dengan kuat. Tubuh warga Kabupaten Banyuasin tersebut, akhirnya diseret buaya tersebut ke tengah sungai.

 

2 dari 3 halaman

Mencari Bala Bantuan

Ayah korban langsung berlari mencari bala bantuan. Tak lama, para warga bersama Pos Pol Airud Sungsang dan Posmat TNI AL Sungsang mencari keberadaan korban.

Sekitar pukul 21.30 WIB, tubuh korban akhirnya ditemukan tak jauh dari Tempat Kejadian Perkara (TKP). Jasad korban pun langsung dievakuasi petugas dan dimakamkan oleh keluarganya.

Menurut Danpos Polairud Sungsang Brigadir Teguh hari Susanto, tim SAR yg terdiri dari Pangkalan Sandar Sungsang, Posmat TNI AL Sungsang dan warga Banyuasin menemukan jasad korban pada Rabu malam.

"Jasad korban ditemukan melintang antara pinggang sampai dengan lutut. Pada saat akan didekati buaya tersebut berusaha menyerang tim SAR," ujarnya, Kamis (4/6/2020).

Akhirnya petugas melakukan tembakan ke arah badan buaya sebanyak dua kali. Akhirnya buaya tersebut melepaskan korban dan menjauh. Lalu Tim SAR Banyuasin mengevakuasi korban.

Camat Banyuasin II Salinan langsung menyampaikan ucapan turut berduka cita dari Bupati Banyuasin Askolani.

“Pak Bupati menitipkan salam dan pesan agar keluarga korban tabah dan tawakal dalam menghadapi musibah ini. Apabila memungkinkan, pak Bupati akan mengunjungi keluarga korban," katanya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Ini