Sukses

BMKG Sebut Sumber Suara Dentuman di Bandung Masih Misteri

Warga Bandung dibuat heboh dengan suara dentuman yang terdengar di langit, Kamis pagi (21/5/2020).

Liputan6.com, Bandung - Warga Kota Bandung dibuat heboh dengan suara dentuman yang terdengar di langit, Kamis pagi (21/5/2020). Saksi warga mengatakan, suara dentuman itu terdengar berulang-ulang.

Dentuman tersebut terdengar antara lain di daerah Kopo-Katapang, Buah Batu, Astana Anyar, Rancamanyar, sebagian kawasan Cimahi, hingga kawasan Soreang, Kabupaten Bandung.

Daryono, Kabid Mitigasi Gempa Bumi Dan Tsunami BMKG kepada Liputan6.com, Kamis (21/5/2020) mengatakan, hasil monitoring BMKG tidak ada aktivitas gempa bumi signifikan yang terjadi di Bandung dan sekitarnya sejak pukul 00.00 hingga 10.00 WIB.

"Cuaca di Bandung dan sekitarnya sejak pagi hari ini hingga pukul 10.00 WIB juga dalam kondisi cerah dan berawan, serta tidak terjadi hujan," katanya.

Hasil monitoring petir menggunakan peralatan lightning detector menunjukkan tidak ada kejadian petir di Bandung dan sekitarnya antara pukul 08.30 - 10.00 WIB.

Sehingga berdasarkan data tersebut, suara dentuman tidak bersumber dari peristiwa gempa bumi, petir, atau cuaca di Bandung dan sekitarnya.

"Masih misteri," kata Daryono. 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.