Sukses

Bobol, 2 Warga Polman Positif Covid-19 Usai Pulang dari Makassar dan Jakarta

Liputan6.com, Mamuju - Gugus tugas penaganan Covid-19 Sulawesi Barat mengumumkan 4 kasus tambahan pasien positif Covid-12. Kabupaten Polman yang selama ini masuk kategori zero Covid-19 bobol, 2 warganya dinyatakan positif Covid-19 dan 2 lainnya dari Kabupaten Mamuju Tengah.

Juru bicara Gugus Tugas Penaganan Covid-19 Sulawesi Barat Safaruddin Sanusi mengatakan, 2 kasus baru di Polman tidak memiliki riwayat kontak langsung dengan pasien positif Covid-19. Namun, memiliki riwayat perjalanan dari daerah pandemi Covid-19.

"Kasus pertama disebut pasien 39 dengan inisial HF (53) laki-laki, pernah melakukan perjalanan ke daerah terjangkit Covid-19, yaitu ke Makassar. Kasus kedua disebut pasien 40 dengan inisial MN (28) laki-laki, pernah melakukan perjalanan ke daerah terjangkit Covid19, yakni ke Jakarta," kata Safaruddin saat video conference, Kamis (30/04/2020).

Safaruddin menambahkan, saat ini pasien 39 isolasi mandiri di kediamannya dan dalam pemantauan gugus tugas, sementara pasien 40 tengah mendapatkan perawatan di RSUD Polman, sebelumnya ia menjalani isolasi karena positif berdasarkan rapid test.

Lanjut Safaruddin, untuk 2 kasus tambahan dari Mamuju Tengah masih berasal dari klaster pasien 03 di Desa Pontanakayyang. Mereka tidak memiliki riwayat perjalanan ke daerah pandemi, tetapi memiliki kontak erat dengan pasien 03, masih ada hubungan kekerabatan.

"Kasus ketiga disebut pasien 41 dengan inisial Ma (43) perempuan, kemudian kasus keempat disebut pasien 42 dengan inisial Nu (13) perempuan. Saat ini, mereka sedang dirawat di Ruang Karantina PKM Salugatta Mamuju Tengah," ujar Safaruddin.

Saruddin mengimbau, agar masyarakat menjalankan imbauan pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Karena, semua usaha penanganan dan pencegahan yang dilakukan akan sia-sia jika masyarakat tetap tidak menghiraukan imbauan itu.

Secara total terdapat 42 kasus positif Covid-19 di Sulawesi Barat. Sebanyak 32 pasien Corona Covid-19 tengah menjalani perawatan, 6 kasus menjalani isolasi mandiri, 1 kasus meninggal dunia, dan 3 kasus sembuh.

2 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini: