Sukses

Viral Video Emak-Emak di Medan Pakai Topeng Sebagai Pengganti Masker

Pemerintah indonesia saat ini menganjurkan setiap masyarakat untuk menggunakan masker saat berada di luar rumah. Anjuran ini sebagai langkah untuk mencegah penyebaran virus Corona COVID-19 di Tanah Air.

Liputan6.com, Medan - Pemerintah indonesia saat ini menganjurkan setiap masyarakat untuk menggunakan masker saat berada di luar rumah. Anjuran ini sebagai langkah untuk mencegah penyebaran virus Corona COVID-19 di Tanah Air.

Namun, bagaimana jika seseorang tidak menggunakan masker dan memiliki urusan untuk keluar rumah? Di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), seorang emak-emak menggunakan topeng sebagai pengganti masker.

Aksi kocak seorang emak-emak yang tidak diketahui namanya tersebut viral di media sosial Instagram. Salah satu akun yang membagikannya adalah @medantau.id. Dalam video tampak seorang emak-emak menggunakan topeng milik anaknya sebagai pengganti masker.

"Tak ada akar... Rotanpun jadi Tak ada Masker... Topeng pun jadi... Karena tidak memiliki masker, Seorang wajib pajak, terpaksa memakai topeng mainan anaknya pada saat membayar melaksanakan kewajibannya membayar Pajak Kendaraan di Samsat Medan Utara. Beruntung Petugas Kepolisian memiliki stok masker yg belum terpakai, dan langsung memakaikannya kepada wajib Pajak tersebut. (Dit Lantas Polda Sumut, 18 April 2020, pukul : 10.15 WIB)," caption di akun tersebut.

Sejak pertama kali diposting, hingga saat ini, Minggu (19/4/2020), postingan tersebut memunculkan komentar beragam dari para netizen. Video tersebut diketahui berlokasi di Kantor Samsat Medan Utara, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) dan direkam pada Sabtu, 18 April 2020, sekitar pukul 10.15 WIB.

Video pertama kali direkam oleh pemilik akun @nanank_kusumo. Dalam video tampak seorang emak-emak menggunakan topeng bergambar wajah harimau sebagai pengganti masker hendak masuk ke Kantor Samsat Medan Utara.

"Jadi, pemirsa, ibu ini wajib pajak gunakan topeng anaknya karena tidak ada masker," bunyi suara pria perekam video tersebut.

<p><strong>**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan <a href="https://www.liputan6.com/donasi/177995/sembuhdaricorona" target="_blank" rel="nofollow">klik tautan ini</a>.</strong></p>

Saksikan juga video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Titip Topeng

Melihat hal tersebut, petugas kepolisian yang berjaga di bilik sterilisasi bagi para tamu yang hendak masuk ke kantor tersebut langsung menyuruh wanita paruh baya tersebut untuk membuka topeng yang dipakai, dan memberikan masker.

"Punya anak saya pak (topeng), gara-gara corona ini saya pakai, gak ada masker, pak," sebut emak-emak dalam video tersebut.

Setelah diberi masker oleh pihak kepolisian, emak-emak tersebut akhirnya diperbolehkan masuk untuk menyelesaikan urusannya. Sedangkan topeng yang dipakai sebelumnya dititipkan kepada pihak kepolisian.

Di akun @nanank_kusumo sendiri, video tersebut telah dilihat lebih dari 1.000 kali oleh netizen, juga memunculkan komentar beragam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.