Sukses

Curhatan Pengurus Vihara di Sumut kepada Menag Fachrul Razi

Liputan6.com, Medan - Menteri Agama (Menag) Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi melakukan kunjungan kerja ke Sumatera Utara (Sumut) beberapa waktu lalu. Dalam kunker, Menag menyempatkan diri mengunjungi dua vihara terbesar di Sumut sekaligus Asia Tenggara.

Dua vihara yang dikunjungi Menag adalah Vihara Mahakaruna Buddhist Center di Jalan Haji Anif, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, dan Maha Vihara Maitreya di Komplek Cemara Asri di Jalan Boulevard, Deli Serdang.

Vihara Mahakaruna Buddhist Center didirikan pada tahun 2005 dan diresmikan pada tahun 2012. Saat berkunjung ke vihara ini, Menag diterima langsung pengurus dan umat Buddha yang sedang ibadah pada Minggu, 5 Januari 2020.

Kepada Menag, pengurus Vihara Mahakaruna Buddhist Center curhat (curahan hati) dan berkesempatan menyampaikan harapannya kepada orang nomor satu di Kemeterian Agama (Kemenag) Republik Indonesia tersebut.

Project Director Pembangunan Mahakaruna Buddhist Center, Rusliati Rusli mengatakan, keluhan yang disampaikan pengurus salah satunya akses jalan tidak memadai menuju vihara yang sudah 14 tahun didirikan.

"Kami (pengurus) dan umat di vihara ini sudah lama berdoa agar akses jalan mendapat perhatian dari pemerintah daerah. Kami gembira sekaligus terharu atas kunjungan Pak Menteri Agama, dan berharap doa kami selama ini segera terkabul," kata Rusliati, Senin (6/1/2020).

Mendengar curhat pengurus vihara, Menag menyempatkan diri melihat kondisi akses yang telah disampaikan kepadanya. Menag langsung menanggapi dengan menginstruksikan langsung kepada Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, untuk serius memperhatikan akses jalan ke vihara.

Sebelum meninggalkan Vihara Mahakaruna Buddhist Center, Menag Fachrul Razi juga menyampaikan bahwa akses menuju vihara harus segera diperhatikan pemerintah daerah, karena vihara merupakan salah satu tempat ibadah.

"Harusnya, akses menuju tempat ibadah mudah untuk didatangi oleh umat yang akan melakukan ibadah," ucap Menag, yang berkunjung ke vihara didampingi Ketua Umum HIMPIM, Mutiara Nur Adinda.

Sementara itu, dalam kunjungan ke Maha Vihara Maitreya, Menag disambut ratusan muda mudi vihara dengan tarian dan lagu berjudul Dunia Satu Keluarga. Tarian ditampilkan muda mudi vihara dengan penuh semangat dan energik, dan disambut gembira oleh Menag.

Menag kemudian berpesan, agar umat beragama hidup rukun dan damai demi mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang maju, seperti judul lagu yang dibawakan muda mudi vihara.

"Kita harus hidup rukun, agar negara damai dan maju, seperti lagu yang dibawakan tadi," sebutnya.

Agenda kunker Menag Fachrul Razi di Sumut selain mengunjungi vihara, juga menghadiri Hari Amal Bakti ke-74 di Kantor Wilayah (Kanwil) Agama Sumut, pembinaan Aparatur Sipil Negara (ASN) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU), serta menghadiri deklarasi pengurus HIMPIM.

 

Simak video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Menag: Kepala Daerah Tak Boleh Larang Kebebasan Beribadah
Artikel Selanjutnya
Menag: Uni Emirat Arab Akan Investasi di Pendidikan, Bangun 160 Madrasah