Sukses

Terjadi 89 Gempa Susulan di Maluku Utara

Liputan6.com, Bitung - Gempa bumi magnitudo 7,1 yang berpusat di Jailolo, Maluku Utara pada Jumat (15/11/2019), tak hanya dirasakan di berbagai wilayah Sulawesi Utara. Melainkan juga berdampak pada robohnya sejumlah rumah dan keretakan pada bangunan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bitung mencatat sampai saat ini ada 5 rumah penduduk yang dindingnya roboh. Untuk gedung pemerintahan ada retakan-retakan kecil, tapi aktivitas masih normal aman dan terkendali. "Sampai saat ini belum ada korban jiwa," kata Rudy Wongkar, Kepala BPBD Kota Bitung, Jumat (15/11/2019).

Wongkar juga berpesan kepada masyarakat yang terdampak gempa untuk tidak panik dan terpengaruh kabar tidak benar dan tidak dapat dipertanggung jawabkan dan memakai informasi resmi bersumber dari instansi terkait seperti BMKG, BNPB, BPBD, Dinas Provinsi dan pihak berwajib lainnya.

Sedangkan, data dari BMKG Manado menyebutkan hingga Jumat (15/11/2019) pukul 11.30 Wita, berhasil dianalisis 89 kali gempa bumi susulan, dengan magnitudo bervariasi antara 3,1 - 6,1.

 

Simak video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Gempa Hari Ini Goyang Maluku dan Kolaka Sulteng
Artikel Selanjutnya
BMKG: 2 Gempa Hari Ini Kembali Getarkan Maluku