Sukses

GUIM Mencari 36 Mahasiswa UI yang Mau Mengajar di Pesisir Barat Lampung

Liputan6.com, Jakarta - Gerakan Univesitas Indonesia Mengajar (GUIM) mengadakan serangkaian tahap seleksi yang dimulai sejak pelaksanaan Grand Opening GUIM 9 (Rabu, 11/9/2019). Kegiatan ini dalam rangka mencari pengajar-pengajar terbaik.

Seleksi pengajar GUIM terbagi dalam lima tahap, yaitu tahap Seleksi Data Diri dan Esai, Group Discussion, Simulasi Mengajar, Wawancara, dan Pelatihan. Pendaftaran pengajar GUIM terbuka untuk seluruh mahasiswa UI program sarjana maupun vokasi dari berbagai jurusan dan angkatan.

Pendaftaran pengajar dibagi menjadi tiga gelombang di mana setiap gelombang memiliki tema esai yang berbeda-beda. Gelombang I sudah berlangsung pada 11-15 September 2019 dengan tema esai ‘Kondisi Khusus pada Siswa’.

Gelombang II sedang berlangsung pada tanggal 16-20 September 2019 dengan tema ‘Sistem Pembelajaran di Sekolah’. Sedangkan, Gelombang III akan dilaksanakan pada tanggal 21-25 September 2019 dengan tema ‘Hubungan dengan Elemen di Sekolah’.

Para pendaftar diminta untuk mengisi data diri sesuai format yang disediakan dan menuliskan esai untuk menjawab permasalahan-permasalahan tertentu yang diberikan.

Untuk menarik mahasiswa UI agar mendaftarkan diri menjadi pengajar GUIM, para panitia mengadakan kegiatan Roadshow GUIM berupa kunjungan dan pendirian stan di 15 fakultas dan perpustakaan pusat UI.

Di stan GUIM, mahasiswa dapat secara langsung mendaftarkan diri menjadi pengajar melalui laptop yang telah disediakan. Apabila mahasiswa ragu untuk mendaftarkan diri, akan diberikan sticker berisi barcode yang akan terhubung langsung dengan situs pendaftaran pengajar apabila di-scan.

Selain itu, mahasiswa maupun masyarakat umum juga dapat memberikan donasi berupa uang atau buku bacaan. Setelah memberikan donasi, para donatur dipersilakan untuk menulis post card yang nantinya akan dikirimkan ke anak-anak di Kabupaten Pesisir Barat, Lampung.

Roadshow GUIM dilaksanakan selama 10 hari dari 12 September 2019 hingga 25 September 2019, kecuali hari Sabtu dan Minggu. Terdapat 2-3 stand yang didirikan dalam satu hari di tiga fakultas yang berbeda-beda pada pukul 11.00-17.00 WIB.

"Untuk kamu mahasiswa UI yang tertarik ingin belajar dan mencoba tantangan untuk mengajar di daerah pedalaman, kamu bisa langsung mendaftarkan diri menjadi pengajar GUIM," demikian informasi dari keterangan tertulis

Pendaftaran pengajar GUIM dapat dilakukan melalui situs uimengajar.org/jadi-pengajar/ atau secara langsung saat stan GUIM hadir di fakultas. Jangan sampai terlewatkan karena mulai Minggu ( 21/9/2019) pendaftaran Gelombang III akan segera dibuka.

Dari seluruh mahasiswa yang mendaftarkan diri menjadi pengajar GUIM, akan dipilih 36 pengajar terbaik yang akan terjun langsung ke lokasi kegiatan selama 25 hari di bulan Januari di Pesisir Barat Lampung. Nantinya, para pengajar akan mengajar bersama dengan guru-guru di lokasi kegiatan sambil menerapkan metode belajar yang menyenangkan dan berbagi inspirasi kepada murid.

GUIM merupakan kegiatan pengabdian masyarakat yang diinisiasi oleh Departemen Sosial dan Masyarakat BEM UI dan berfokus pada bidang pendidikan dasar di daerah terluar dan terpelosok.

(Farid Lisniawan Muzakki, mahasiswa Departemen Fisika FMIPA UI)

Loading