Sukses

BJ Habibie dan Kenangan Baju Melayu Riau di Istana Negara

Liputan6.com, Pekanbaru - Riau sebagai Bumi Melayu punya kenangan yang sulit dilupakan dengan Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie. Presiden ketiga Indonesia itu sangat mencintai budaya Melayu.

BJ Habibie pernah datang ke Riau pada 9 Agustus 2018. Kala itu, Bumi Lancang Kuning sedang merayakan ulang tahun ke 61, di mana Habibie jadi tamu kehormatan dan memakai baju Melayu warna merah marun.

Sebelum pulang ke Jakarta, Habibie lalu mengutarakan niatnya untuk memakai baju Melayu pada hari peringatan kemerdekaan Indonesia tahun 2018. Niatnya ini disampaikan ke Kepala Dinas Kebudayaan Riau Raja Yoserizal Zein.

"Kala itu Pak Habibie berkata, kalau umurnya panjang tanggal 17 Agustus 2018 akan menggunakan baju Melayu di Istana Negara," kenang Yoserizal kepada wartawan di Pekanbaru, Rabu malam, (11/9/2109).

Keinginan BJ Habibie ini, tambah Yoserizal, langsung disampaikan ke Gubernur Riau kala itu, Arsyadjuliandi Rachman. Mendengar ini, gubernur sangat gembira dan meminta Yoserizal menyiapkan pakaian Melayu untuk Habibie.

Sebelumnya, cerita Yoserizal, Pemerintah Riau memang sudah menyiapkan beberapa baju Melayu untuk dipakai Habibie. Salah satunya dipakai ketika perayaan hari ulang tahun Riau.

"Kemudian ada warna kuning, itu yang dipakai di Istana Negara pada 17 Agustus 2018," sebut mantan Kepala Biro Humas Pemerintah Provinsi Riau ini.

 

2 dari 2 halaman

BJ Habibie Bicara soal Budaya

Menurut Yoserizal, keinginan Habibie memakai baju Melayu di istana itu merupakan wujud kecintaan terhadap budaya Melayu.

"Dan benar saja Pak Habibie memakai baju Melayu warna kuning lengkap dengan tanjakan warna serupa. Saya dapat kiriman foto Pak Habibie memakai baju itu," sebut Yoserizal.

Yoserizal menyebutkan, BJ Habibie ketika berkunjung ke Riau sangat tertarik dengan kebudayaan Melayu dan pakaiannya. Kata Habibie kala itu, kebudayaan Indonesia ada karena kebudayaan daerah.

"Kecintaannya ini terhadap pakaian dan budaya Melayu adalah suatu hal yang takkan saya lupakan," ucap Yoserizal.

Atas wafatnya Habibie, Yoserizal mengucapkan turut berduka mendalam. Dia berharap Bapak Demokrasi itu diberi tempat terbaik di sisi Allah.

 

Simak video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Wiranto Sebut Masalah Kebakaran Hutan Tanggung Jawab Pemda
Artikel Selanjutnya
Bandara Kertajati Diusulkan Ganti Nama Jadi BJ Habibie, Ini Syaratnya