Sukses

Melestarikan Tari Bedincak, Karya Putra Daerah Khas Bangka

Liputan6.com, Sungailiat - Ratusan warga Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengikuti kegiatan jalan sehat dan Tari Bedincak dalam rangka memeriahkan Tahun Baru Muhharam 1441 Hijriah di daerah itu.

"Ratusan warga jalan santai menempuh kurang lebih tiga kilometer dan dilanjutkan dengan Tari Bedincak yang dipusatkan di lapangan bola Kelurahan Kenanga. Ini harus dilestarikan oleh seluruh masyarakat di Kabupaten Bangka," kata Bupati Bangka Mulkan saat membuka kegiatan itu di Sungailiat, Minggu (8/9/2019).

Dia mengatakan, Tari Bedincak yang diikuti secara masal merupakan karya putra daerah dan menjadi tarian khas daerah itu.

Bupati Mulkan bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka Yusmiati Mulkan dan Wakil Bupati Bangka Syahbudin, serta pegawai Pemerintahan Kabupaten Bangka turut dalam kegiatan itu.

"Baik jalan santai maupun Tarian Bedincak adalah olah raga yang dapat dilaksanakan oleh seluruh masyarakat di manapun dan kapan saja," ujarnya dilansir Antara.

Peserta kegiatan itu, juga dari personel Polda Kepulauan Bangka Belitung dengan memakai kostum khusus dan masyarakat di daerah tersebut.

"Tari Bedincak serta budaya daerah lainnya menjadi kekayaan budaya tersendiri yang dapat mendukung sektor pariwisata," kata dia.

Pemkab Bangka memberikan dukungan kegiatan seni dan budaya lokal, termasuk merencanakan memberikan ruang bagi kegiatan pengembangan budaya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Loading