Sukses

Pesona Pagi di Gunung Kelud Memukau Ratusan Wisatawan dari 14 Negara

Keindahan panorama pegunungan yang ditawarkan kawasan wisata Gunung Kelud mengusik keingintahuan wisatawan untuk berkunjung ke sana.

Liputan6.com, Kediri - Setelah meletus beberapa tahun silam, salah satu objek wisata andalan Kabupaten Kediri, Gunung Kelud semakin banyak dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Keindahan panorama pegunungan yang ditawarkan mengusik keingintahuan wisatawan untuk berkunjung ke sana.

Gunung Kelud kedatangan tamu istimewa dari Majapahit International Travel Fair (MITF). Wisatawan asing ini berjumlah 100 orang. Mereka berasal dari gabungan 14 negara datang menggunakan tiga unit bus.

Setibanya di Gunung Kelud, rombongan disambut tari-tarian tradisional. Mereka juga diberikan suvenir cantik oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri, berupa kaus.

Tidak hanya sekadar jalan-jalan, rombongan juga diajak berpetualang menjelajahi lereng Gunung Kelud dengan menggunakan jip offroad. Sebanyak 25 unit mobil jip yang dipersiapkan untuk menyusuri medan ekstrem dengan suguhan pemandangan yang indah.

Direktur pelaksana Badan Promosi Pariwisata Daerah Jawa Timur, Bambang Priambodo mengaku, sengaja melakukan fun trip ke arah barat. Sebab, pihaknya akan 'menjual' objek wisata alam Gunung Kelud yang terkenal memiliki panorama kawah yang indah usai meletus pada 2014 lalu.

"Inilah saatnya kita jual keindahannya kepada masyarakat lokal maupun internasional," katanya, Minggu (5/5/2019).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kemudahan Akses

Kemudahan akses menuju Gunung Kelud disampaikan kepada rombongan MITF dari 14 negara sebagai 'buyer'. Harapannya, wisatawan asing dari agen travel internasional tersebut akan menghitung kendala waktu dan lainnya yang nantinya bisa disosialisasikan dan dipromosikan kepada wisatan lain.

"Dengan nantinya ada pembangunan infrastruktur di Kabupaten Kediri seperti jalan tol dan bandara adalah suatu kemudahan. Sebagian besar rombongan MITF berkomentar, ini sangat layak untuk kita jual. Dan mudah-mudahan untuk segera mereka jual Kediri ke kepada wisatawan dan Kediri sebagai pintu gerbangnya," ucapnya.

Menurut Bambang, potensi wisata di Kabupaten Kediri sangat luar biasa. Seperti salah satu contohnya desa wisata. Menurutnya, yang harus diperhatikan adalah kreativitas dalam mengelola wisata tersebut.

Lizz Ali dari Faz Holiday Travel Malaysia berkomentar dalam Bahasa Inggris. "Kediri is wonderful, it amazing wonderful place and atractive. Ini sangat cocok untuk wisatawan dan kawasannya sangat bersih," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri Adi Suwignyo mengatakan, kedatangan rombongan MITF 2019 tersebut merupakan kesempatan emas bagi pemerintah daerah untuk mengenalkan pariwisata Kabupaten Kediri, salah satunya Gunung Kelud.

"Selaian Gunung Kelud, ada sejumlah objek wisata menarik di kawasan lereng Gunung Wilis, antara lain, Air Terjun Dollo, Irenggolo dan Sumber Ubalan," tuturnya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.