Sukses

Gudang Logistik Pemilu di Pesisir Selatan Terbakar, 10 Kotak Suara Hangus

Komisioner KPU Pesisir Selatan menyebutkan sedikitnya ada 10 kotak suara yang hangus terbakar dalam insiden tersebut. Polisi hingga saat ini masih menyelidiki penyebab terjadinya kebakaran tersebut.

Liputan6.com, Pesisir Selatan - Gudang logistik pemilu di Kecamatan Koto XI Tarusan, Pesisir Selatan, Sumatera Barat terbakar pada Senin (22/4/2019) dini hari, sekitar puku 01.30 WIB. Akibatnya beberapa kotak suara hangus terbakar.

"Yang terbakar sekitar 10 kotak suara, kendati demikian kami masih akan menghitung ulang," kata Komisioner KPU Pesisir Selatan, Medo Patria di kantor Camat Koto XI Tarusan seperti dilansir Antara, Senin (22/4/2019).

Kotak suara yang terbakar itu terjadi saat petugas penyelenggara pemilu masih menghitung hasil suara per-TPS.

"Selain masih dalam tahap menghitung, personel TNI dan Polri juga bersiaga di lokasi," Medo menambahkan.

Usai mengetahui adanya kotak suara yang terbakar, secara bersamaan kotak surat suara lainnya langsung dipindahkan ke lokasi yang lebih aman.

Mengetahui adanya gudang penyimpanan logistik pemilu yang terbakar, Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, Kapolres Pesisir Selatan, AKBP Ferry Herlambang, dan Komandan Kodim 0311/Pesisir Selatan, Letkol Kav. Edwin Dwiguspana langsung bergegas ke lokasi tersebut.

Usai mengecek kondisi di lokasi kejadian, Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni berpesan agar semua pihak menahan diri atas kejadian ini sehingga suasana tetap kondusif. Ihwal adanya dugaan lokasi tersebut sengaja dibakar, pihaknya enggan berspekulasi. Yang jelas saat ini kasus tersebut sudah ditangani pihak kepolisian.

"Jangan berpikir macam-macam, penyelenggara pemilu dan pihak terkait akan maksimal mencari akar permasalahan dari kejadian ini," sebutnya.

Kini, lokasi tempat kotak suara yang terbakar sudah dipasang garis polisi dan terlihat puluhan polisi berseragam lengkap berjaga di lokasi. Di Kecamatan Koto XI Tarusan Terdapat 23 nagari (desa) dan 157 TPS, sebelum kotak surat suara terbakar penyelenggara pemilu telah menghitung surat suara di 18 TPS.

 

Saksikan juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.