Sukses

Salam Pagi dari Pink Beach Pulau Komodo

Liputan6.com, Mnaggarai - Jika Yunani punya Balos Lagoon, pantai menawan berpasir merah jambu, maka Indonesia punya Pink Beach yang ada di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Berlokasi di dalam kawasan Taman Nasional Komodo, Pink Beach menjadi salah satu destinasi wisata unggulan yang ingin dikunjungi banyak orang.

Perjalanan menuju Pink Beach dapat ditempuh dari dermaga Labuhan Bajo. Di dermaga ini terdapat banyak speed boat yang bisa disewa dengan harga bervariatif, tergantung jenis perahu yang digunakan. Mengingat lokasinya yang berada di Pulau Komodo dan berdekatan dengan Pulau Rinca, perjalanan menuju Pink Beach biasanya digabung dalam satu wisata ke dua pulau itu.

Gonzales, pemandu wisata dari Himpunan Pramuwisata Indonesia chapter NTT saat ditemui Liputan6.com mengatakan, "mengingat masih dalam satu kawasan, orang yang berkunjung ke Pulau Komodo kami arahkan juga untuk mengunjungi Pink Beach, setelah itu baru melanjutkan perjalanan ke Pulau Rinca."

Pink Beach merupakan pantai yang berada di cekungan bagian selatan Pulau Komodo. Gonzales menceritakan, warna pasir Pink Beach yang unik berasal dari batuan koral yang hancur di lautan. Namun versi lain mengatakan, pasir merah jambu tersebut berasal dari hewan mikroskopik bernama firaminifera yang hanya bisa dilihat menggunakan mikroskop.

Selain warna pasinya yang unik, Pink Beach juga menjadi spot yang tepat bagi mereka yang ingin mengagumi keindahan taman Laut Indonesia Timur.

"Banyak karang dan koral yang masih bagus di sekitar sini, jadi habitat ribuan jenis ikan. Wisatawan yang berkunjung ke Komodo pasti menyempatkan diri untuk senorkeling di sini," ungkap Gonzales.

Tak hanya itu, wisatawan juga bisa mendaki tebing yang ada di sekitaran pantai. Dari atas tebing yang hijau di musim penghujan akan terlihat sisi lain keindahan pink beach dari ketinggian.

Namun demikian, mengingat lokasinya yang berada dalam kawasan Taman Nasional Komodo, Pink Beach tidak dilengkapi dengan resort maupun penginapan. Bagi yang ingin lebih lama menjelajahi keindahan gugusan kepulauan NTT, Anda bisa mencari penginapan di sekitar Labuhan Bajo.

Saat ditanya tentang masa depan Pink Beach, Gonzales menuturkan, banyak orang yang sebenaranya ingin berkunjung dan mengagumi keindahan Pink Beach Pulau Komodo, namun akses perjalanannya yang masih dirasa panjang dan relatif mahal.

"Sekarang memang tersedia penerbangan dari Bali menuju Bandara Komodo, menggunakan pesawat jenis Fokker, namun ongkosnya masih dirasa sangat mahal, belum lagi sewa perahu dari Labuhan Bajo ke Pulau Komodo. Mudah-mudahan ke depan perjalanan bisa dipangkas sehingga tidak mengeluarkan ongkos yang mahal," ungkap Gonzales menambahkan.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
12 Destinasi Cantik di Indonesia Akan Jadi Lokasi Shooting Film India