Sukses

Sungai Citarum Meluap, 9 Kecamatan di Kabupaten Bandung Terendam Banjir

Liputan6.com, Bandung - Intensitas hujan yang tinggi beberapa hari belakangan dan meluapnya Sungai Citarum menyebabkan banjir di Kabupaten Bandung meluas ke 9 kecamatan. 

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Sudrajat mengatakan, kecamatan yang terdampak banjir antara lain Kecamatan Dayeuhkolot, Bojong Soang, Baleendah, Rancaekek, Cileunyi, Banjaran, Majalaya, dan Katapang. Sudrajat mengatakan akibat banjir tersebut, warga di seluruh kecamatan diungsikan ke tempat penampungan.

"Jumlah total pengungsi Kecamatan Baleendah dan Dayeuhkolot sebanyak 108 kepala keluarga terdiri dari 364 jiwa yaitu 61 lansia, 33 balita, dua ibu hamil, delapan ibu menyusui dan empat disabilitas," katanya kepada Liputan6.com, Rabu (6/3/2019).

Dirinya juga mencatat, adapun sarana dan prasarana rumah yang terendam sebanyak 6.361 unit, sekolah 7 gedung, fasilitas umum 8 gedung, dan tempat ibadah 36 gedung.

Secara keseluruhan, kata Sudrajat, jumlah terdampak banjir di Kecamatan Baleendah 5.271 KK dan Kecamatan Dayeuhkolot 3.005 KK. Sedangkan jumlah terdampak banjir Kecamatan Bojongsoang 2.244 KK, dan Kecamatan Rancaekek 3.383 KK.

Sudrajat menyebut, ketinggian air di 8 kecamatan di Kabupaten Bandung bervariasi, tinggi muka air terendah 10 centimeter dan yang tertinggi mencapai 180 centimeter.

Saat ini dirinya masih melaksanakan pemantauan dan monitoring di 31 kecamatan, desa atau kelurahan, bersama operasional  perangkat daerah Kabupaten Bandung dan para penggiat kebencanaan. 

Akibat banjir Kabupaten bandung, beberapa ruas jalan raya juga tidak bisa dilewati sepeda motor maupun kendaraan roda empat. 

Kemacetan lalu lintas pun terjadi di ruas jalan raya di daerah perbatasan Kabupaten Bandung dan Kota Bandung. Dilaporkan antrean kendaraan terjadi dari gerbang keluar tol Buah Batu Kota Bandung sampai dengan Bojong Soang, Kabupaten Bandung.

 

2 dari 2 halaman

Prakiraan Cuaca Hari Ini

Sementara berdasarkan prakiraan cuaca Bandung Raya dan sekitarnya berlaku tanggal 6 Maret 2019 mulai pukul 07.00 WIB sampai 7 Maret 2019 pukul 07.00 WIB dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada pagi hari cuaca berawan. Memasuki siang hari terjadi hujan ringan menuju sedang disertai petir.

Memasuki malam hari diperkirakan terjadi hujan ringan menuju sedang dan dini hari akan berawan. Untuk suhu udara berada dikisaran 20.4 – 30 derajat Celcius dengan kelembapan udara diangka 58 - 94 persen. Kecepatan angin 5 - 18 kilometer per jam ke arah Barat Laut.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

Ratusan Hiu di Karimunjawa Mati Misterius
Loading
Artikel Selanjutnya
6 Langkah Menyalakan Motor yang Mogok Terendam Banjir
Artikel Selanjutnya
Tergerus Longsor, Jalan Alternatif Bogor-Depok Terancam Putus