Sukses

Di Balik Soal UAS SMA 1 Babakan yang Viral di Media Sosial

Liputan6.com, Cirebon - Warga Cirebon sempat dihebohkan dengan beredarnya soal UAS Semester Ganjil SMAN 1 Babakan Kabupaten Cirebon di media sosial.

Soal UAS kelas XI IPA tersebut dianggap berbeda dengan soal pada umumnya. Terdapat beberapa soal yang menyuguhkan pertanyaan nyeleneh dan bikin tertawa.

Salah satunya adalah pertanyaan mengenai benda-benda elastis. Dari soal tersebut terdapat jawaban pilihan ganda yang dianggap nyeleneh, antara lain opsi A yakni kolor, kertas, dan kayu. Opsi B yakni pegas, behel, dan batu bacan. Opsi C pipi perawan, kayu jati, dan besi, dan opsi D menyebutkan bokong, kolor, dan busa, serta opsi E menyebut bokong, tiang listrik, dan beton cor.

Kasanudin Johari, Kepala SMAN 1 Babakan Kabupetan Cirebon saat dikonfirmasi Liputan6.com, Rabu (5/12/2018) mengatakan, hanya ada tiga soal UAS yang memang khusus dibuat oleh tim kreatif sekolah, 

"Itu dibuat bagian dari kreativitas guru, namanya Pak Carsa," kata Kasanudin.

Dia mengatakan, soal tersebut dibuat agar para siswa tidak stres menghadapi soal UAS mata pelajaran Fisika. Menurut pengakuannya, sehari-hari, Pak Carsa guru fisika di SMAN 1 Babakan Cirebon sangat disukai siswa.

Carsa juga dikenal suka menerapkan metode pembelajaran yang berbeda. Apalagi, mata pelajaran fisika menjadi ketakutan siswa pada umumnya.

"Pasti semua siswa mengakui pelajaran fisika kalau benar-benar tidak suka ya akan kesulitan apalagi banyak rumus," ungkap Kasanudin menambahkan.

 

 

2 dari 2 halaman

Pembuat Soal

Kendati demikian, dia mengaku soal yang viral tersebut dianggap kurang etis. Dia mengakui, bahasa yang ditulis dalam soal tak sepantasnya dibaca oleh siswa.

Kasanudin memastikan tidak ada niat buruk sedikitpun dalam proses pembuatan soal itu. Sang guru pengampu, Carsa sengaja menyelipkan materi yang tergolong nyeleneh sebagai bagian dari strategi mengajar.

Dia mengaku, sudah menjelaskan ke instansi terkait. Bahkan, dia mengakui soal semacam itu tidak selalu dinilai positif oleh masyarakat.

"Saya sudah koordinasi Pak Carsa juga agar tidak membuat soal seperti itu lagi karena bahasanya memang tak pantas," ujar Kasanudin Johari.

Menurut dia, sosok Carsa merupakan guru yang pembawaannya santai dan kreatif. Bahkan, Carsa kerap mendapat predikat guru favorit di kalangan siswa SMAN 1 Babakan.

Ia mengatakan, setelah viralnya soal ujian semester itu pihak sekolah telah melakukan pembinaan terhadap Carsa. Kasanudin menilai soal buatan Carsa tergolong kreatif dan out of the box.

"Ya cuma diminta agar membuat soal yang lebih etis lagi untuk ke depannya saya yakin masih menjadi guru favorit di sekolah," kata Kasanudin Johari.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Video Populer Regional

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Pesan Damai Kapolda Jabar Hadapi Pemilu Serentak 2019
Artikel Selanjutnya
Piknik ke Cirebon? Catat Rute dan Perjalanan Bus Citros