Sukses

Kuliner Legendaris Berkhasiat di Gorontalo Hanya Rp 3 Ribu

Liputan6.com, Gorontalo - Gorontalo tidak hanya terkenal dengan sambal dabu-dabu dan ikan cakalang, tapi masih banyak beragam kuliner yang wajib Anda coba. Salah satu makanan khas Gorontalo yang tak jarang ditemui adalah binte biluhuta. 

Tidak banyak orang tahu ada kuliner bernama binte biluhuta di Gorontalo. Kuliner khas yang oleh masyarakat setempat juga dikenal bernama Milu Siram ini terbuat dari jagung manis, potongan ikan cakalang, udang, dan parutan kelapa, ditambah dengan rempah-rempah khas Gorontalo. 

Hanya Rp 3.000 sudah dapat satu porsi makanan khas Gorontalo ini, bahkan yang paling komplit itu harganya cuma Rp 5.000.  

Rasanya yang gurih dan pedas banyak disukai oleh masyarakat Gorontalo. Kuliner khas ini tidak hanya bisa ditemukan di Gorontalo, tapi Anda bisa menemukannya di daerah Sulawesi Tengah, seperti di Luwuk, Palu, dan Manado.

"Makanan ini cocok dimakan malam hari saat dingin, dan juga bersantai dengan teman-teman saat bergadang," kata Yulianti Sadu, salah satu pedagang makan khas Gorontalo itu.

Binte Biluhuta biasanya dimakan bersama sambal dabu-dabu. Bagi yang suka asam bisa ditambahkan perasan jeruk nipis. Inilah yang membuat makan ini melegenda, bahkan banyak orang yang mengatakan kuliner ini telah menjadi ciri khas Gorontalo yang sudah ada sejak zaman nenek moyang. 

Jangan ditanya soal khasiat. Binte Biluhuta bisa memperlancar pencernaan, mengingat jagung kaya akan serat yang membantu proses pencernaan. Menurut penelitian, satu porsi jagung sudah memenuhi kebutuhan 10 persen serat setiap hari.

Kuliner ini cocok dinikmati ibu hamil. Sebab makanan ini kaya akan asam folat. Sementara asam folat sendiri adalah nutrisi yang diperlukan untuk menurunkan risiko bayi lahir cacat. 

 

Simak juga video pilihan berikut ini: