Sukses

Selangkah Lagi Kain Songket Baratan Bakal Jadi Warisan Budaya Dunia

Setelah diakui sebagai warisan budaya nasional, tenun songket Baratan bakan diusulkan menjadi warisan budaya dunia UNESCO.

Bali - Setelah diakui sebagai warisan budaya nasional, tenun songket Baratan bakan diusulkan menjadi warisan budaya dunia UNESCO.

Kepala Dinas Kebudayaan Buleleng Gede Komang mengatakan, informasi ditetapkannya Songket Beratan sebagai warisan budaya nasional baru diterima awal pekan lalu.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menetapkan Songket Beratan sebagai warisan budaya nasional.

“Rencananya sertifikat pengakuan akan diserahkan pada 10 Oktober di Jakarta oleh Mendikbud.

Setelah ini Kementerian juga akan mengusulkan ke UNESCO, agar dapat diakui sebagai warisan budaya dunia. Rencananya diajukan bulan November,” kata Gede Komang seperti dikutip Jawapos.com.

Menurut Gede Komang, Songket Beratan memiliki keunikan tersendiri, terutama dalam hal motif.

Selain itu anyaman songket juga lebih rapat. Sehingga songket Beratan bisa bertahan selama puluhan tahun. Selain itu motifnya juga sulit ditiru dan hanya dikuasai oleh perajin yang mewarisi keahlian menenun.

Setelah ditetapkan sebagai warisan budaya, pemerintah otomatis wajib memberikan daya dukung dan daya ungkit. Baik itu berupa sarana, prasarana, dana, hingga langkah strategi untuk pelestarian.

“Jangan sampai setelah jadi warisan budaya, justru alatnya hilang, perajin nggak ada, modal sulit.Jadi pemerintah harus hadir memberikan daya dukung dan bimbingan pada perajin,” tukasnya.

Baca juga berita Jawapos.com lainnya di sini.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.