Sukses

146 Paduan Suara dari 10 Negara Adu Keren di Sanur Bali

Sebanyak 146 kelompok paduan suara dari segala usia beradu keren di ajang 7th Bali International Choir Festival (BICF) 2018. Ratusan kelompok paduan suara itu berasal dari sepuluh negara.

Liputan6.com, Denpasar - Sebanyak 146 kelompok paduan suara dari segala usia beradu keren di ajang 7th Bali International Choir Festival atau BICF 2018. Ratusan kelompok paduan suara itu berasal dari sepuluh negara, yakni Kanada, Latvia, Lithuania, Polandia, Tiongkok, Malaysia, Filipina, Korea Selatan, Thailand, dan Indonesia.

Sebagai tuan rumah, Indonesia mengirimkan delegasi dari 26 provinsi untuk ikut berkompetisi dalam ajang tersebut.

Presiden Direktur Bandung Choral Society, Tommyanto Kandisaputra menjelaskan, tahun ini kompetisi paduan suara internasional itu mengambil tema "Wonderful BICF, Singing Together is Better".

Menurutnya, tema itu bukan tanpa filosofi. Melalui paduan suara, bernyanyi bukan hanya sebuah kegiatan, melainkan juga menjalin kerja sama antaranggota kelompok.

"Membangun penyanyi yang baik itu membangun karakter manusia," ucap Tommyanto di salah satu hotel kawasan Sanur, Kota Denpasar, Bali, Rabu, 25 Juli 2018.

Lebih dari sekadar hiburan, Tommyanto bahkan menyebut bernyanyi memiliki peran penting merajut persahabatan global antarnegara. Melalui ajang paduan suara ini, hal itu menjadi bukti nyata bagaimana jembatan antar-bangsa bisa terbentang dengan baik.

"Ketika dunia tidak dapat menyelesaikan masalah kemanusiaan melalui gerakan ekonomi global, politik, dan perjanjian damai, bernyanyi bersama bisa membentuk jembatan antarbangsa yang bahagia. Dan kita bisa melihat sendiri di BICF ini," ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ada 16 Juri dari Tingkat Internasional

BIFC diikuti oleh paduan suara dari segala usia dan ragam musik. Ada 16 kategori di BICF dari kelompok usia dan gender.

Sementara untuk kategori, Tommyanto menyebut ada tujuh kategori yang dikompetisikan. Tujuh kategori itu adalah Children’s Choir, Teenager's Choir, Mixed Youth Choir, Mixed Choir, Senior Choir, Female Choir, dan Male Choir.

Sedangkan untuk jenis musik yang dipertandingkan ada enam genre, yakni pop & jazz, music of religions, musica sacra, gospel & spiritual, scenic folk, dan folklore. Untuk paduan suara dengan amplifikasi. ada kategori: acappela, vocal group, dan show choir.

Tampil sebagai juri mereka yang ahli dan ternama di bidang paduan suara di tingkat internasional. Sedikitnya ada 16 juri yang akan menilai penampilan masing-masing delegasi dari berbagai aspek.

Dari Indonesia ada empat musisi kenamaan. Mereka adalah Catharina Leimena, Daud Kosasih, Avip Priatna, dan Andreas Sugeng.

"Selain itu juga ada lima juri lagi yang merupakan Wakil Presiden International Federation of Choral Music (IFCM).

Mengambil lokasi di Hong Kong Garden, ajang ini resmi dibuka yang ditandai dengan pagelaran seni dan budaya dari masing-masing delegasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.