Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: Lubang Aneh di Tengah Sungai Probolinggo Viral

Top 3 berita hari ini, lubang di tengah sungai Probolinggo adalah sebuah sumur yang dibuat pada zaman Belanda untuk mengatasi banjir.

Probolinggo - Top 3 berita hari ini, ada lubang aneh di tengah sungai Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Lubang itu seakan-akan menelan derasnya arus sungai tanpa diketahui muaranya.

Lubang aneh itu bahkan sempat viral di media sosial. Lubang apakah itu? Belakangan diketahui lubang itu adalah sumur di tengah aliran sungai (Spillway). Dari mana asal-usul sumur itu?

Konon, pada zamannya, sumur di dalam sungai itu dibangun untuk menanggulangi banjir. Apakah saat ini sumur tersebut masih berfungsi?

Sementara di Bogor, Jawa Barat, seorang anggota Pramuka di Kota Hujan nekat menghentikan laju kendaraan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jawa Barat Dedy Mulyadi yang sedang melintas.

Mendadak sontak, aksinya tersebut langsung menyita perhatian pasangan Deddy Mizwar ini di Jalan Sukabumi-Ciawi, Bogor.

Belakangan diketahui, aksi tersebut dilakukan untuk membuka jalur bagi pasien yang kritis.

Kabar lainnya yang tak kalah menyita perhatian, aksi bakar diri pasangan kekasih di Surabaya, Jawa Timur. Sebelum kejadian nahas itu terjadi, keduanya sempat terlibat pertengkaran.

Hingga kini belum ada informasi, siapa di antara keduanya yang menyulut api duluan.

Berikut berita terpopuler dalam Top 3 Berita Hari Ini: 

1. Mengenal Asal-usul Sumur dalam Sungai di Probolinggo

Sipon atau Spillway di Sumberbulu, Probolinggo, yang videonya viral di Medsos (FOTO: Iqbal/ TIMES Indonesia)

Sumur di tengah aliran sungai (Spillway) di Desa Sumberbulu, Kecamatan Tegalsiwalan, yang videonya viral di media sosial (medsos) Facebook, rupanya bukan satu-satunya di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Di Kelurahan Sidomukti, Kecamatan Kraksaan, dan Desa Sumber Katimoho, Kecamatan Krejengan, Probolinggo juga ada bangunan yang dalam kamus teknik disebut sipon itu.

Spillway atau sipon itu merupakan peninggalan Belanda. Di Probolinggo, pembangunan irigasi dilakukan secara besar-besaran pada tahun 1800-an. Sipon sendiri, merupakan saluran sungai yang dibangun di bawah permukaan sungai.

Selengkapnya...

2. Kisah Pramuka Nekat Potong Laju Mobil Rombongan Cawagub Jabar

Ada kisah pilu yang melatari aksi nekat anggota pramuka di Bogor memotong laju mobil rombongan Cawagub Jawa Barat. (Liputan6.com/Abramena)

Seorang remaja lelaki berseragam pramuka nekat memotong laju kendaraan rombongan calon Wakil Gubernur Jawa Barat (Cawagub Jabar) Dedi Mulyadi yang sedang melintasi jalan Sukabumi-Ciawi, Bogor, Kamis, 5 April 2018.

Belakangan diketahui, dia terdorong menghentikan laju kendaraan cawagub demi membuka jalur bagi ambulans yang sedang membawa pasien kritis.

Aksi kader pramuka tersebut menarik perhatian calon Wakil Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi.

Anggota pramuka itu mengaku bernama Bagus (17). Dia mengaku aksinya mengatur kendaraan di jalan raya saat macet adalah rutin.

Selengkapnya...

3. Pasangan Kekasih Ditemukan Bakar Diri di Kamar Kos

Ilustrasi Orang Bakar Diri (iStockphoto)​

Percobaan bunuh diri dilakukan sepasang kekasih di sebuah kamar kos di Kota Surabaya, Jawa Timur. Dari kartu identitas yang ditemukan di tempat kejadian perkara (TKP), keduanya sudah menikah.

Dugaan sementara, yang menyulut api adalah korban perempuan, dengan terlebih dahulu mendekap pasangannya. Api yang membesar kemudian berhasil dipadamkan oleh warga setempat.

Akibat luka bakar tersebut, kondisi korban laki-laki diinformasikan terbakar 80 persen.

Lantas, bagaimana dengan kondisi kekasihnya?

Selengkapnya...

Simak video pilihan berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.