Sukses

Jalur Utama Wisata Bromo Longsor, Pengunjung Diimbau Lewat Jalur Alternatif

Meski demikian wisatawan tetap melanjutkan perjalanan ke Lautan Pasir Bromo menggunakan jalur alternatif.

Liputan6.com, Probolinggo - Longsor yang melanda jalur menuju kawasan Laut Pasir Bromo, membuat akses sedikit tersendat. Namun demikian, pengunjung masih bisa menikmati keindahan gunung eksotis di Pulau Jawa itu dengan melalui jalur alternatif.

Jalur alternatif yang disediakan, merupakan jalan setapak yang biasanya dilalui oleh masyarakat setempat. Jalur tersebut, hanya selebar satu meter saja. Namun masih bisa dilewati oleh kuda, dan pejalan kaki.

Pantauan Liputan6.com, untuk sementara ini kendaraan roda empat tidak bisa lewat. Sebab, material longsor di jalur utama menuju Lautan Pasir Bromo masih belum dievakuasi.

Dengan kondisi jalur alternatif tersebut, pengunjung tetap bisa masuk dan menikmati indahnya Gunung Bromo. Beberapa pengunjung tetap melintasi area longsor meskipun sudah diperingatkan petugas agar melewati jalur alternatif.

Jalur utama menuju Lautan Pasir Bromo longsor. Foto: (Dian Kurniawan/Liputan6.com)

Pengunjung terpaksa memilih jalur ini, karena beralasan sudah terlanjur sampai di Cemoro Lawang, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo Jawa Timur.

"Tadi di atas sudah diperingatkan oleh petugas kalau ada longsor. Serta diberitahu, kalau ada jalur alternatif. Karena sampai di sini, ya sudah lewat sini aja," kata Firman, salah satu wisatawan, Minggu (18/3/2018).

Hal serupa, juga dikatakan oleh Mirtha, wisatawan asal Mojokerto. Wanita berhijab ini menyebut, karena sudah terlanjur datang, akhirnya memilih lewat jalur alternatif. Sebab, keindahan Bromo sangat sayang untuk dilewatkan. 

"Meski Longsor, saya tetap ke Luatan Pasir Bromo, Mas. Itu ada jalur alternatif meskipun sempit, tidak apa-apa terlanjur sampai ke sini masak mau balik," ujar Mirtha.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.