Sukses

Gaya Anak Pekalongan Belajar Buat Robot

Dengan Rp 150 ribu, anak-anak Pekalongan bisa merancang robot sederhana.

Liputan6.com, Pekalongan - Minat mendalami robotika di kalangan anak-anak juga merambah ke bocah-bocah di Pekalongan, Jawa Tengah. Buktinya, Sekolah Robot Robotika di Kota Pekalongan, kebanjiran siswa saat musim liburan ini.

Di antara anak-anak yang ikut serta, ada kakak beradik Bryan dan Gerrard. Mereka mengaku tertarik belajar tentang robot meski hanya kursus singkat.

Gerrard, siswa TK Besar itu diajarkan dengan membuat semacam kincir angin dari bahan lego. Gerrard terlihat sangat antusias mengikuti kelas sigkat ini, sesekali dia bertanya pada mentornya.

"Saya senang sekali hari ini, bisa belajar membuat robot," kata dia dengan polos, Minggu pagi, 31 Desember 2017.

Sedangkan, kakaknya Bryan yang sudah bisa menggunakan laptop, mendapatkan materi beda pada hari ini. Bryan yang mengidolakan tokoh Transformer ini mengaku sangat senang dan ingin mempelajari lebih dalam perihal robotik ini.

"Saya ingin belajar lebih jauh tentang dunia robotik ini. Pengin sekali bisa bikin tokoh seperti yang ada di film Transformer," ucap siswa Kelas 6 SD Pius Pekalongan itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hal-Hal Sederhana

Kepala Outlet Sekolah Robotika Kota Pekalongan, Galih Pradana mengatakan kursus singkat yang digelar berdurasi hanya dua jam. Biayanya Rp 150 ribu per sekali datang.

Sekolah robot yang berlokasi di Jalan Kalimantan, Kota Pekalongan itu juga terbuka pada siswa yang ingin mendalami teknologi robot lebih jauh dengan membuka kelas paket. Biayanya Rp 250 ribu dengan empat kali pertemuan setiap hari Minggu.

Menurut Galih, kursus singkat robot itu bertujuan untuk mengajarkan anak-anak untuk lebih kreatif dan menyukai dunia robotika. Kursus robot juga bertujuan untuk mengajak anak-anak paham serta mampu menguasai tentang teknologi robotika ini.

"Bagaimana anak-anak bisa merasa senang belajar tentang robotika ini, dimulai dari hal yang sederhana agar mereka menyukai ini," kata Galih saat dijumpai Liputan6.com.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.