Sukses

Wakil Ketua MPR: Mana Miniatur Candi Prambanan?

Liputan6.com, Yogyakarta - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Hidayat Nur Wahid melontarkan kritik terkait promosi aset wisata di Bandara Adisutjipto Yogyakarta. Dia mempertanyakan kenapa tidak ada miniatur Candi Prambanan  di bandara, sementara miniatur Candi Borobudur sudah ada.

"Saya melihat ada miniatur stupa Borobudur, sebagai kawasan yang bersejarah kami mengapresiasi, hanya saja saya kaget kenapa tidak ada Prambanan," ujarnya usai menghadiri acara Syawalan di Yogyakarta, Minggu, 9 Juli 2017. 

Ia menyatakan Candi Prambanan berada di wilayah Yogyakarta sehingga pantas miniaturnya dipajang di Bandara Adisutjipto.

"Jogja kan lebih dekat dengan Prambanan, sedangkan Borobudur sudah masuk Jawa Tengah," ucapnya.

Hidayat sendiri berasal dari Kadipaten Lor Prambanan, sebuah wilayah perbatasan antara Sleman DIY dan Klaten Jawa Tengah.

Dia menambahkan, Prambanan juga memiliki sisi historis yang tidak kalah penting dalam pembentukan wilayah Yogyakarta. Candi itu, kata Hidayat, merupakan peninggalan Kerajaan Mataram Kuno, kerajaan awal sebelum Mataram Islam masuk.

Bandara Adisutjipto Yogyakarta (Liputan6.com / Switzy Sabandar)

Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Obama pun tidak hanya berkunjung ke Borobudur saat berada di Yogyakarta, tapi juga ke Prambanan.

"Miniatur candi di Bandara Adisutjipto memang belum lengkap semua, jadi diharapkan berbagai pihak bisa mendorong supaya segera melengkapi, terutama Candi Prambanan," kata Hidayat.

Saksikan video menarik di bawah ini: